9 Fakta Tersembunyi Dari Sosok Super Hero Marvel

  • Share

NGONOO.com – Sejak dibangun pada 1939, Marvel Comics terus mendulang kepopuleran. Setelah dibeli oleh Disney seharga US$4,2 miliar pada 2009, Marvel makin menggurita. Banyak kisah sejarah yang tak diketahui orang tentang Marvel dan sosok karakter komik di dalamnya. Berikut ini, beberapa bagian di antaranya seperti dikutip dari Buzzfeed dan Hiconsumption

Avengers via ewallpaperhub.com
Avengers via ewallpaperhub.com

1. Sang Pendiri Martin Goodman Nyaris Meninggal

Ada sejumlah kabar burung, sebagian lagi dianggap benar adanya tentang dunia Marvel yang semestinya tak boleh ada. Salah satu yang paling sering disebut adalah cerita bahwa Martin Goodman, sang pendiri, hampir tewas saat Marvel hendak dijadikan perusahaan besar.

via cnnindonesia.com
via cnnindonesia.com

Dua tahun sebelum dia memulai Timely Publication, cikal bakal Marvel, pada 1939, Goodman dan istrinya berlibur ke Eropa. Mereka berencana naik pesawat Zeppelin tipe Hindenburg. Namun karena tak bisa mendapat tempat duduk berdampingan mereka membatalkan penerbangan itu. Tak disangka, pesawat tersebut mengalami nasib tragis: terbakar di udara.

2. Marvel Kini Sering Menampilkan Sosok Nyata

Setelah mengetahui bahwa Presiden Barack Obama adalah pencinta Marvel, maka Marvel memasukkan sosok sang presiden di salah satu komik edisi 2008. Selain Obama, Eminem juga pernah tampil sebagai manusia dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata dan punya kemampuan menembak.

via cnnindonesia.com
via cnnindonesia.com

Sosok lain yang pernah muncul adalah Adolf Hitler yang sempat kena tinju Captain America, Isaac Newton, Benjamin Franklin, Rasputin, Queen Elizabeth I dan II, Winston Churchill, Saddam Hussein, Nelson Mandela, Elvis Presley, Kim Basinger, Oprah Winfrey, dan tentu saja, Hulk Hogan.

3. Memiliki Juru Kebersihan Setelah Usai Pertarungan

Melihat pertarungan hebat para superhero memang menyenangkan. Tapi pernahkah terpikirkan siapa yang akan membersihkan reruntuhan kota akibat pertarungan itu? Marvel pernah memikirkan hal ini, maka muncullah sebuah komik yang didedikasikan untuk para “petugas kebersihan” kota ini.

via cnnindonesia.com
via cnnindonesia.com

Damage Control adalah perusahaa yang berdiri di dunia Marvel dengan tugas utama membereskan semua kerusakan akibat pertarungan para superhero. Perusahaan ini dijalankan oleh Ann-Marie Hoag dan didanai awalnya oleh Tony Stark alias Ironman dan Wilson Fisk alias Kingpin.

Perusahaan ini sempat muncul di beberapa komik sebelum akhirnya jadi komik sendiri. Namun kemudian Stark dan Fisk tak bisa melanjutkan kerja sama mereka. Hoag lalu meminjam uang dari Nick Fury dan menjadikan Damage Control sebagai perusahaannya sendiri.

4. Michael Jackson Pernah Coba Untuk Membeli Marvel

Michael Jackson adalah penggemar komik dan punya ratusan buku koleksi, kostum dan cendera mata lain. Pada 1990, dia bertemu Stan Lee dan menyatakan ingin membeli Marvel. Inc. Kepada Lee, yang kemudian jadi sahabatnya, Jackson mengatakan, ”Jika saya membeli Marvel, kamu akan membantu saya menjalankannya, kan?” Pembelian perusahaan itu akhirnya batal.

Michael Jacson via driverbestdownload.com
Michael Jacson via driverbestdownload.com

Namun sudah tersiar kabar bahwa tujuan Jackson membeli Marvel tak lain adalah agar dia punya hak mutlak atas karakter Spider-Man, dan dia bisa memerankannya jika dibuat filmnya.

5. Karakter Nick Fury Dibuat Berdasarkan Wajah Samuel L. Jacson Tanpa Ijin

Sejak awal, Marvel memang ingin Samuel Jackson memerankan Nick Fury di versi serial filmnya. Fury pun digambarkan dengan gaya khas Jackson. Sayangnya, pihak Marvel tidak meminta izin pada Jackson. “Jadi rasanya sangat aneh. Tiba-tiba wajah saya ada di toko komik, saya mengambil buku komik itu karena saya melihat wajah saya di sampulnya. Lalu berpikir, ’tunggu, sepertinya saya tak ingat pernah memberikan izin seseorang menggunakan wajah saya,’” kata Jackson.

Nick Fury via atomicanxiety.com
Nick Fury via atomicanxiety.com

Namun Jackson dianggap sangat baik hati hingga malah merasa tersanjung dengan fakta ini. Bukannya menggugat Marvel, dia malah menandatangani kontrak begitu sosok Nick Fury mulai difilmkan.

6. Stan Lee Pernah Menggugat Marvel Berulang Kali

Stan Lee, sang komikus utama Marvel memang menjadi semacam ikon untuk Marvel. Namun hubungan Marvel dan Lee tak selamanya mulus. Dia beberapa kali menggugat Marvel lewat perusahaannya Stan Lee Media, atas dasar pembagian keuntungan dan kepemilikan atas beberapa karakter karyanya.

Disney disney.wikia.com
Disney disney.wikia.com

Hingga 2013, hakim mengetuk palu dan menyerahkan semua hak karakter pada Disney yang telah membeli Marvel sejak 2009.

7. Marvel Pernah Membeli Karakter Dari Penggemarnya Seharga 2,8 Juta

Di salah satu acara dengan penggemar pada 1982, Marvel mengajak penggemarnya datang dengan membawa ide tentang superhero dan monster. Seorang pria dari Indiana, Randy Schueller memberi ide tentang Spider-Man hitam yang punya kekuatan berlebih. Marvel suka sekali akan ide itu, sehingga membayar Schueller US$220 atau sekitar Rp2,8 juta saja dan menulis ulang kisah Spider-Man hitam itu.

via widehdwalls.com
via widehdwalls.com

Penulisan kisah sang superhero hitam itu tak cukup lancar hingga akhirnya kisahnya dipelintir. Sang Spider-Man hitam jadi sosok antagonis dengan nama Venom.

8. Hulk Aslinya Adalah Warna Abu-abu

Hulk via Shutterstock
Hulk via Shutterstock

Hulk aslinya dibuat berwarna abu-abu. Tapi jadi hijau akibat masih buruknya teknik pewarnaan percetakan di komik pada 1960-an. Nama asli Hulk adalah Robert Bruce Banner, karena tanpa sengaja Stan Lee menulis nama tokoh itu beberapa kali dengan nama Bob Banner, bukan Bruce Banner saat awal-awal kemunculan sosok ini.

9. Marvel Comics Adalah Pemilik Hak Cipta Dari Kata “Zombie”

Zombie via galleryhip.com
Zombie via galleryhip.com

Marvel Comics adalah pemilih hak atas kata “zombie” sejak 1975 hingga 1996. Mereka melepaskan hak itu setelah merasa tak mungkin memaksakan hak atas penggunaan kata itu.

 

Gambar: Super Hero Marvel via Shutterstock

via cnnindonesia.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.