Wow! Kodok Spesies Baru Ini Mirip Banget Sama Kermit The Frog

  • Share

NGONOO.com – Bro n sest penggemar The Muppets pasti udah ga asing lagi dong sama tokoh boneka Kermit the Frog? Kermit sendiri adalah tokoh fiksi yang diciptakan oleh puppeteer Jim Henson. Karakter Kermit dibuat menyerupai kodok kecil berwarna hijau cerah dengan mata putih yang menonjol, membuat karakter ini tampak lucu dan menggemaskan ya gaes.

Tapi bro n sest pernah ngebayangin ga, ada kodok beneran yang bentuknya mirip sama Kermit? Pasti lucu juga ya bentuknya?

Nah sekarang ga perlu ngebayangin lagi gaes, karena kodok yang bentuknya mirip Kermit itu benar-benar ada. Jadi, sekelompok ilmuwan dari Minnesota telah menemukan kodok kaca spesies baru di pegunungan Talamanca, Kosta Rika yang memilki wajah mirip dengan Kermit.

kodok kermitHyalinobatrachium dianae ‘kembaran’ Kermit the frog

Brian Kubicki, salah satu peneliti dari Pusat Riset Amfibi Kosta Rika, mengatakan kodok kecil berwarna hijau dan semi transparan itu berbadan lembut. Hal tersebut bisa dijadikan indikator yang bagus untuk menandai sehat tidaknya suatu ekosistem. Kubicki menamai kodok kaca spesies baru itu dengan nama Hyalinobatrachium dianae. Dinamai begitu untuk menghormati ibunya, Janet Diane Kubicki.

Dinamakan kodok kaca karena kulit mereka begitu transparan sehingga organ dalamnya bisa kelihatan. Jenis kodok kaca banyak ditemukan di Amerika bagian selatan dan tengah. Kodok kaca termasuk amfibi dari ordo Anura. Ada tiga subfamili dalam ordo ini, yaitu Hyalinobatrachinae, Centroleninae, dan Allophryninae.

Dan dengan penemuan kembaran Kermit, Hyalinobatrachium dianae ini, Kosta Rika total sudah memiliki 14 tipe kodok kaca. Meski warnanya relatif bermacam-macam, namun kebanyakan spesies kodok kaca berwarna hijau limau atau kehijauan ya mirip-mirip warna tokoh Kermit gitu deh. Sedangkan untuk kulit bagian perutnya transparan, sehingga organ dalam seperti hati, jantung, dan ususnya kelihatan.

Kermit via Harmony Gerber / Shutterstock.com

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.