8 Penyebab Kenapa Kamu Tidurnya Suka Ngorok

  • Share

NGONOO.com – Mendengkur adalah hal nggak enak yang banyak di alami oleh seorang pria dewasa. Mendengkur terjadi ketika ada gangguan di dalam saluran aliran udara yang melewati bagian belakang mulut dan hidung. Ketika seseorang terlelap dalam tidurnya, maka otot dalam saluran aliran udara akan menyempit, Semakin terlelap tidurnya maka otot-ototnya akan semakin rileks.

Ngorok atau mendengkur, merupakan gangguan yang sudah umum terjadi. Hal ini biasanya sangat mengganggu, terlebih bagi kamu yang sudah menikah dan tidur satu ranjang. Langsung saja ini dia 8 Penyebab Kenapa Kamu Tidurnya Suka Ngorok :

1. Posisi Tidur Yang Kurang Tepat

shutterstock_254400148
Snore Man via Shutterstock

Tidur Telentang/Berbaring telentang membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak turun ke dinding belakang tenggorokan Anda, sehingga menyebabkan suara bergetar sewaktu tidur. Tidur dengan posisi menyamping dapat membantu mencegah tidur mendengkur.

2. Ada Masalah Dengan Hidung Anda

via ddmcdn.com
via ddmcdn.com

Kondisi dimana seseorang sedang tidak sehat, seperti flu dan demam dapat menjadi salah satu penyebab anda tidur mendengkur. Oleh karena itu, sebisa mungkin anda harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus atau penyakit lainya.

3. Gangguan Pada Tenggorokan

via siputnews.com
via siputnews.com

Amandel dan adenoid yang membesar akan memperbesar jaringan dalam tenggorokan seseorang dan dapat menyebabkan mendengkur.

4. Usia Yang Bertambah

via healthsaveblog.com
via healthsaveblog.com

Hal ini terkait dengan penurunan kelenturan otot dan jaringan dalam saluran aliran udara bagian atas yang menyebabkan mendengkur. Pada wanita menopause yang kehilangan hormone progesterone akan menyebabkan terjadinya penurunan kelenturan otot dan pada akhirnya akan menyebabkan kondisi mendengkur.

5. Overweight (Obesitas)

Overweight via bodytreatmentcenter.com
Overweight via bodytreatmentcenter.com

Jika berat badan Anda naik dan mulai mendengkur, sedangkan sebelumnya tidak mendengkur, maka menurunkan berat badan dapat membantu. “Jika berat badan bertambah di sekitar leher, maka hal ini dapat mengecilkan diameter tenggorokan, sehingga meningkatkan kemungkinan anda mendengkur,” begitu kata Slaughter.

6. Kecanduan Menggunakan Obat Penenang

via kleberly.com
via kleberly.com

Efek samping yang ditimbulkan dari obat-obatan adalah dapat menekan sistem saraf pusat sehingga otot-otot menjadi lebih kendur.

7. Gaya Hidup Tidak Sehat

via ddmcdn.com
via ddmcdn.com

Gaya hidup tidak sehat seperti Makanan tak sehat, minuman beralkohol dan merokok dapat meningkatkan relaksasi otot yang mendorong anda untuk lebih mudah mendengkur. Hal ini juga berlaku pada pengonsumsian obat-obatan tertentu.

8. Lelah Dengan Aktivitas Sehari-hari

via sujanpatel.com
via sujanpatel.com

Kegiatan yang ekstra membuat tubuh bekerja lebih keras lagi, biasanya kalau sudah kecapean, orang yang biasanya tidur tidak mendengkur, kini bisa mendengkur gara-gara lelah dalam pekerjaan atau hal lainya.

 

Gambar : Snore Man via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.