Kisah Hidup Pepeng dan Kuis Jari-jarinya

NGONOO.com – Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan tanah air. Komedian yang juga presenter, dan motivator Ferrasta Soebardi atau yang lebih dikenal dengan Pepeng, meninggal dunia pada hari ini, Rabu 6 April 2015 pukul 10.00 WIB. Sebelum meninggal dunia di usia 60 tahun, Pepeng sendiri sempat dirawat di RS Puri Cinere, Depok, Jawa Barat.

Sejak Juli tahun 2005, Pepeng memang sudah diserang oleh penyakit Multiple Sclerosis yang membuatnya tidak lagi bisa berjalan. Namun hal tersebut tak membuatnya lantas diam saja tak melakukan apa-apa. Dari ranjang kamar tidurnya, Pepeng terus belajar menyelami kehidupan dan juga makna hidup dibalik sakit yang dideritanya.

pepengmeski sakit Pepeng tetap beraktivitas dengan berbagai kegiatan

Dengan kondisi penyakit yang dideritanya, pria kelahiran 23 September 1954 ini tetap menjalankan beberapa bisnis online dibidang penjualan domain. Dia juga menjadi penggagas gerakan sosial pendidikan Indonesia, sebuah gerakan yang peduli terhadap pembangunan sekolah-sekolah yang roboh. Pepeng juga sempat menulis sebuah buku yang diberi judul ‘Di Balik Jari-Jari’. Buku tersebut menurut Pepeng lebih diposisikan sebagai buku motivasi bagi para pembacanya.

Hebatnya lagi, meski sakit Pria asal Madura ini ternyata masih terus berjuang dan berhasil menyelesaikan studi S2 nya di Universitas Indonesia bidang psikologi dengan nilai sangat memuaskan (A).

kuis jari-jari

Sebelum menderita penyakit Multiple Sclerosis, Pepeng dikenal masyarakat sebagai seorang pembawa acara kuis di tv yang enerjik dan berani tampil beda. Apalagi kalo bukan acara kuis Jari-Jari, salah satu kuis yang cukup terkenal di era 90an. Meskipun hanya hadir 3 menit tiap tayang, namun dengan gaya Pepeng yang khas, membuat kuis tersebut menjadi kuis yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Bahkan sampai saat ini aksi Pepeng dalam membawakan kuis tersebut masih membekas di ingatan dengan slogannya khasnya “jarii jariiiii”.

Setelah sakit pun Pepeng sempat kembali muncul di layar kaca lewat acara ‘Ketemu Pepeng’ yang ditayangkan salah satu televisi swasta. Dalam acara talkshow  inspiratif ini, setiap tamu yang hadir menceritakan perjuangan, semangat hidup serta suka duka yang dialaminya. Walaupun memandu acara tersebut sambil berbaring di tempat tidur nyatanya Pepeng berhasil membawakan acara tersebut dengan baik.

talkshow ketemu pepengPepeng dalam talkshow “Ketemu Pepeng”

Walaupun kini sosoknya sudah berpulang ke pangkuan Illahi, namun semoga kisah perjuangan dan semangatnya tetap bisa tumbuh untuk menginspirasi banyak orang. Selamat jalan “Pepeng” Ferrasta Soebardi.

 

 

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.