Tips Mencuci Jeans Kesayangan Biar Tetep Kece

  • Share

NGONOO.com – Hampir setiap orang pasti punya pakaian yang berbahan jeans, biasanya sih kalo ga celana ya jaket. Tapi sebagian besar pemilik pakaian berbahan jeans belum paham bagaimana seharusnya merawat jeans agar tetap awet dan warnanya terjaga. Banyak yang beranggapan cara mencuci bahan jeans sama saja seperti merawat bahan pakaian lainnya. Padahal beda lho gaes.

Kebanyakan hanya mencuci jeans dengan cara yang biasa seperti direndam air sabun lalu dikucek atau disikat. Tapi kadang mencuci jeans secara manual adalah kegiatan yang cukup melelahkan karena bahannya yang terlalu tebal dan terbilang cukup berat saat sudah terendam dengan air. Oleh karena itu banyak orang pun memilih cara instan dengan mencucinya dengan mesin cuci dengan detergen.

shutterstock_94463440jeans via Shutterstock

Emang lebih praktis dan ringan sih, tapi ternyata pemakaian detegen dan mesin cuci tidak dianjurkan untuk mencuci pakaian berbahan jeans lho gaes, karena bisa ngerusak warna dan bahan jeans itu sendiri. Nah berikut ini kita akan kasih tau beberapa tips mencuci jeans yang baik dan benar. cekidot 🙂

1. Jangan mencuci jeans terlalu sering

Mencuci jeans terlalu sering hanya akan membuat warnanya jadi cepet memudar. Kalo jeans yang dipake ga terlihat ada kotoran menempel, sebenarnya tidak perlu mencucinya setiap kali abis dipake gaes. Cukup diangin-anginkan aja biar ga lembab.

2. Hindari mesin cuci

Jeans memang merupakan salah satu pakaian yang cukup berat bahannya. Itulah mengapa banyak orang lebih memilih untuk mencucinya pake mesin cuci ketimbang nyuci pake tangan. Tapi secara ga langsung mencuci jeans pake mesin cuci justru membuat bahan jeans jadi cepet rusak. Jadi kalo bisa sih jangan pake mesin cuci ya gaes. Tapi kalo bro n sest kepepet pake mesin cuci, ada tipsnya kok, yaitu balik celana jeans dan hanya mencucinya pada pengaturan mesin cuci yang paling halus.

3. Jangan gunakan detergen

Nah yang satu ini juga hal yang paling sering dilakukan, yaitu mencuci jeans dengan detergen. Mencuci jeans menggunakan detergen mungkin akan membuatnya nampak lebih bersih dan wangi, tetapi ternyata itu bisa menyebabkan warna jeans jadi gampang memudar. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya pakai bahan pembersih lain yaitu cuka untuk mencuci jeans. Cukup rendam jeans dalam bak air dingin yang telah dicampur dengan secangkir cuka. Jangan khawatir masalah bau cukanya gaes, karena setelah kering bau cuka tersebut akan hilang dengan sendirinya.
Tapi kalo ga mau pake cuka, karena ga ngerasa mantep kalo nyuci ga pake detergen bro n sest bisa merendam jeans Anda dalam bak atau ember berisi air hangat dan gunakan detergen lembut secukupnya. Rendam selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Cukup bersihkan di area yang terkena noda

Lha kalo kena noda gimana ya? Nah ketika jeans kamu terkena noda yang ga terlalu parah, ga perlu mencuci jeans secara keseluruhan. Cukup bersihkan saja pada bagian yang terkena noda. Gunakan kain untuk membersihkannya kemudian gunakan kain basah untuk membasahi daerah yang terkena noda kemudian gosok sampai noda benar-benar hilang.

cucian jeans via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.