10 Jenis Naga Dari Berbagai Belahan Dunia

  • Share

NGONOO.com – Naga, makhluk yang entah dari mana datangnya ini memiliki berbagai bentuk dan jenis. Beberapa negara memiliki Naganya masing-masing. Dalam beberapa kesempatan saya pernah melihat naga juga, tapi hanya dalam film How to train your dragon. Banyak bentuk dan jenis naga dalam film itu. Mungkin itu adalah gambaran naga dari masing-masing negara yang berkumpul menjadi satu. Entah hanya kebetulan atau tidak, tapi saya benar-benar suka film itu, jika dijumlahkan mungkin sudah puluhan kali saya mengulangnya. Kalian harus liat naga-naga dalam film yang saya sebutkan tadi. Siapa tau kalian bisa memiliki dan mengendarai naga kemanapun kalian pergi.

Pada kesempatan yang gembira ini, ijinkan saya berbagi dengan kamu semua tentang 10 Jenis naga dari berbagai belahan dunia.

1. Loong, Cina

Loong, Cina via wikimedia.org
Loong, Cina via wikimedia.org

Inilah Naga yang paling terkenal dari 10 naga yang akan kita bahas. Naga ini merupakan simbol kekuasaan, kekuatan dan keberuntungan bagi masyarakat di Cina, bahkan dianggap sebagai suatu hal yang tabu jika Anda dengan sengaja merusak gambar Naga tersebut. Loong dikatakan mempunyai kekuatan supernatural yang luar biasa, dia dapat terbang di awan, bisa membesarkan diri sampai seukuran alam semesta, bisa berubah warna dan berkuasa atas air dan cuaca.

2. Wyvern, Inggris

Wyvern via wocstudios.com
Wyvern via wocstudios.com

Wyvern adalah makhluk legenda yang populer di Eropa, terutama di Inggris. Menurut karya sastra mereka, Wyvern memiliki kepala Naga, sayap, badan reptil, sepasang kaki dan ekor yang panjang. Makhluk ini juga dianggap saudara jauh dari Naga karena kemiripannya. Wyvern banyak tampil di film-film terkenal seperti Game of Thrones dan Skyrim.

3. Cuélebre, Asturias

Cuélebre, Asturias via tentik.com
Cuélebre via tentik.com

Seorang gadis muda yang cantik mengacuhkan peringatan keluarganya untuk tidak menyisir rambut sambil memandang refleksinya di air. Ketika sehelai rambutnya jatuh ke dalam air, peri air yang hidup di kolam tersebut langsung mengutuk gadis itu. Dia terus bertumbuh besar, rambutnya berubah menjadi mahkota naga dan kulitnya menjadi sisik. Dia baru bisa kembali ke wujudnya semula jika ada pangeran berhati murni yang berani mendekatinya dan mengatakan bahwa dia cantik.

Itulah asal-usul dari Cuélebre menurut cerita rakyat Spanyol, tepatnya di daerah Asturias dan Cantabria. Cuélebre dapat hidup abadi dan biasanya terobsesif dengan segala hal yang berkilau.

4. Chuvash, Chuvashia

Chuvash via tentik.com
Chuvash via tentik.com

Chuvashia adalah nama suatu daerah di Rusia, dan Chuvash adalah sebutan untuk Naga yang berasal dari daerah ini. Naga ini sama  dengan Naga Eropa lainnya namun mempunyai kemampuan untuk berubah wujud menjadi manusia, dan sebaliknya. Nenek moyang rakyat Chuvashia menceritakan secara turun temurun bagaimana mereka berhadapan dengan sebuah ular naga besar ketika menemukan kota ini. Ular naga tersebut hampir dibunuh namun memohon untuk berdamai.

5. Zmaj, Slovenia

Zmaj via panoramio.com
Zmaj via panoramio.com

Zmaj mempunyai sisik berwarna hijau dan berkemampuan untuk menyemburkan api. Kepalanya berjumlah tiga, yang dapat tumbuh kembali jika dipotong. Menurut cerita, Zmaj berhasil dibunuh dengan cara mengelabuinya dengan memberikan hadiah makanan yang ternyata mengandung sulfur belerang.

6. Níðhöggr, Scandinavia

Níðhöggr via testdesertmsw.blogspot.com
Níðhöggr via testdesertmsw.blogspot.com

Níðhöggr adalah satu-satunya Naga yang disebut di dalam legenda Norse. Naga ini dikatakan hidup di bawah pohon Ash raksasa yang dinamakan Yggdrasil . Secara kejam ia terus menggerogoti akar pohonnya yang memperangkap dia di atas Hvergelmir atau kuali mendidih di neraka. Jika Níðhöggr berhasil bebas keluar, maka inilah awal kedatangan Ragnarok dan kehancuran dunia.

7. Korean Dragon, Korea

Korean Dragon via ahastudio.net
Korean Dragon via ahastudio.net

Asal-usul Naga Korea berkaitan erat dengan Naga Cina, bahkan perawakannya pun hampir serupa. Perbedaannya hanya terletak di jumlah jari kakinya, Naga Korea mempunyai empat, sementara Naga Cina mempunyai lima jari kaki. Naga Korea juga memiliki jenggot yang panjang dan tidak bersayap. Mereka biasanya hidup di daerah perairan seperti sungai, danau, telaga, dan laut.

Sebelum Naga Korea bisa menjadi ‘Naga’ tulen, mereka memulai hidupnya sebagai imoogi , yakni naga kecil yang harus hidup selama 1000 tahun sebelum akhirnya bisa menjadi ‘Naga’.

8. Yilbegan, Siberia

Yilbegan via sites.google.com
Yilbegan via sites.google.com

Yilbegan digambarkan dalam mitologi dua kelompok etnis yang tinggal di Siberia, bangsa Turki dan Tatar, sebagai monster naga bersayap. Mirip dengan Naga yang biasa ditemukan di cerita rakyat Eropa, Yilbegan disebut sebagai pemakan manusia.

9. Bakunawa, Filipina

Bakunawa via tentik.com
Bakunawa via tentik.com

Menurut kepercayaan Filipina, Bakunawa adalah seorang dewa yang berwujud naga. Dia mempunyai dua buah pasang sayap, kumis, lidah berwarna merah, dan mulut sebesar danau. Pada zaman dahulu rakyat Filipina percaya bahwa Bakunawa tertarik dengan cahaya yang dihasilkan bulan sehingga ia lalu lompat menggapai langit dan melahap bulan, mengakibatkan bumi gelap total (gerhana bulan).

Untuk mencegah hal ini terjadi, mereka berlarian ke luar rumah sambil membawa panci dan wajan, lalu berusaha membuat gaduh dengan tujuan menakuti Bakunawa.

10. Naga India

Naga India via listverse.com
Naga India via listverse.com

Di India, Naga disebut juga dengan Naga, dan Naga tanpa sayap dapat ditemukan di budaya Hindu ataupun Buddha. Di kitab Mahabharata ditulis bahwa Naga memiliki ciri-ciri dari ular dan juga manusia. Budaya Hindu menggambarkan Naga sebagai roh ular panjang tanpa sayap (mirip dengan Naga dalam budaya Cina) yang berkaitan dengan sumber air dan mempunyai tugas menjaga harta karun. Berbeda dengan budaya Buddha yang berkata bahwa Naga bisa berubah secara ajaib menjadi manusia.

 

Gambar : Naga terbang via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.