7 Budaya Indonesia yang Masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO

  • Share

NGONOO.com – Indonesia adalah negara dengan beranekaragam seni dan budaya. Banyak sekali sebuah keberagaman di negara ini, sehingga tercipta juga banyak karya budaya yang perlu dilestarikan. Budaya lokal semakin tergeser dengan adanya budaya Eropa yang ‘katanya’ keren. Semoga saja budaya Indonesia tetap jaya sampai kapanpun, karena negara yang besar adalah negara yang mampu menjaga kutuhan budayanya. Untuk melindungi warisan budaya Indonesia tersebut, UNESCO memasukkan beberapa budaya ini dalam daftar Situs Warisan Dunia. Mungkin masih ada beberapa seni dan budaya Indonesia yang telah di akui dunia Internasional, di kutip melalui unesco.org 7 diantaranya akan kita bahas hari ini.

 

Berikut 7 budaya Lokal yang Sudah diakui Dunia Internasional :

1. Subak

via citizendaily.net
via citizendaily.net

Subak adalah sebuah sistem yang sarat filosofi dalam kehidupan masyarakat Bali. Disebutkan, sistem Subak yang dikenal dalam masyarakat Bali ini adalah sistem demokrasi yang pantas untuk dikembangkan. Sistem subak digunakan dalam pembagian air di pesawahan, tempat ibadat, maupun kebutuhan masyarakat sehari-hari. Subak ditetapkan menjadi warisan budaya Indonesia melalui UNESCO pada 2012.

2. Noken

via antaranews.com
via antaranews.com

Noken adalah hasil kreativitas masyarakat tradisional di Papua. Noken berfungsi sebagai tas untuk menyimpan barang-barang keperluan. Warna dan motif noken bermacam-macam. Bagi masyarakat Papua, noken adalah bagian yang akrab dalam tradisi kehidupan mereka sehari-hari. Noken disetujui menjadi salah satu benda yang tercatat di UNESCO sebagai budaya Indonesia pada 2012.

3. Tari Saman Gayo

via kebudayaanindonesia.net
via kebudayaanindonesia.net

Masyarakat Gayo di Aceh memiliki kebudayaan yang tak kalah istimewa. Tak heran jika tari Saman Gayo akhirnya dimasukkan sebagai warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Tarian ini biasanya dipertunjukkan pada momen-momen penting seperti menjalin silahturami dan persahabatan dan untuk menyampaikan pesan moral tertentu. Tari Saman Gayo dimasukkan dalam daftar UNESCO pada 24 November 2011.

4. Angklung

via emoneday.wordpress.com
via emoneday.wordpress.com

Pada 12 November 2010, Angklung dicatat dalam daftar UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Angklung adalah alat musik yang dikenal dalam kebudayaan Sunda. Angklung memiliki nada yang berbeda pada setiap jenisnya. Agar mendapatkan nada yang indah, angklung harus dimainkan oleh beberapa orang.

5. Batik

via rumahfinia36.blogspot.com
via rumahfinia36.blogspot.com

Batik tercatat dalam daftar UNESCO pada 2009 lalu. Batik adalah suatu seni melukis di atas kain menggunakan malam atau lilin dan canting. Ada berbagai pola batik yang bisa kita temukan pada masa sekarang, mulai dari yang tradisional maupun modern. Pola-pola tersebut menjadi ciri khas daerah pembuat batik, seperti Pekalongan dan Madura.

6. Keris

via bali-artshop.de
via bali-artshop.de

Keris adalah senjata tradisional yang dikenal oleh beberapa suku di Indonesia. Bentuk keris ditandai dengan kedua sisinya yang tajam dan berlekuk serta ujungnya yang runcing. Keris terdaftar sebagai warisan budaya Indonesia pada 2005. Bukan hanya bersifat senjata, keris pun kini menjadi bagian aksesori busana adat.

7. Wayang Kulit

Wayang Kulit

Wayang adalah seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang. Dalam sebuah pertunjukan, dalang bertugas menggerakkan tokoh-tokoh wayang sembari menceritakan kisah-kisah pewayangan. Kisah tersebut bersumber dari kitab Mahabarata dan Ramayana dengan sentuhan kebudayaan Indonesia. Wayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada 2003.

 

Gambar : Melukis Batik via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.