8 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Melakukan Perawatan Pada Wajah

  • Share

NGONOO.com – Muka Jerawat, muka kusam adalah masalah besar buat sebagian orang. Muka Kusam dan Berjerawat biasanya disebabkan oleh Debu, polusi, dan terik matahari yang dapat berakibat langsung pada kesehatan kulit terutama kulit wajah. Ini adalah Bagian yang cukup penting bagi para pria dan khususnya wanita untuk mendukung penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Demi mendapatkan kulit wajah yang bersih, sehat dan cerah, pria dan wanita biasanya melakukan perawatan wajah secara khusus. Namun dari perawatan kulit wajah yang dilakukan tersebut terutama saat mencuci muka, ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Jika dibiarkan, kesalahan ini dapat mengancam kesehatan kulit wajah.

Nah, apa saja kesalah itu? Berikut 8 kesalahan yang sering terjadi saat merawat wajah terutama mencuci muka:

1. Menggunakan Produk yang Kurang Tepat

img: perawatanmu.com
img: perawatanmu.com

Menggunakan produk yang kurang tepat bisa menyebabkan iritasi pada kulit, wajah menjadi kering dan berminyak. Secara umum, facial wash yang bagus adalah facial wash yang bisa menghilangkan kotoran, make up dan keringat. Jadi, sebaiknya Anda kenali tipe kulit wajah Anda terlebih dahulu, lalu sesuaikan dengan facial wash yang tersedia di pasaran.

2. Sering Megangin Kulit Muka dan Ngutek-ngutek Jerawat

img: blogdokter.net
img: blogdokter.net

Kulit pada wajah memang lebih sensitif ketimbang kulit yang lainya, oleh sebab itu tidak baik jika sering mengangin atau ngutek-ngutek jerawat yang ada di muka, karena hal ini dapat menyebabkan jerawat anda menyebar dan bisa semakin banyak.

3. Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dulu

img: addictinginfo.org
img: addictinginfo.org

Menuangkan facial wash ke tangan yang tanpa dicuci terlebih dahulu, lalu mengusapnya ke wajah tidak akan membuat wajahmu bersih. Facial wash akan bercampur dengan kotoran dan bakteri dan akan berpindah ke wajah Anda. Jadi, sangat penting untuk Anda perhatikan, cuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci wajah Anda.

4. Terlalu Sering Cuci Muka

img: soktau.com
img: soktau.com

Ternyata terlalu sering mencuci muka juga tidak baik, Jika Anda pada satu hari tidak memakai make up dan pelembab atau tidak terlalu berkeringat, maka Anda cukup menggunakan facial wash saat mandi saja. Tidak perlu berlebihan dan sering mencuci muka karena akibatnya malah membuat wajah Anda semakin berminyak atau bahkan sebaliknya menjadi kering.

5. Mencuci Wajah Dengan Sabun Mandi

img: blog.tokopedia.com
img: blog.tokopedia.com

Sabun mandi untuk tubuh berbeda dengan sabun untuk wajah, tekstur kulit wajah jelas berbeda dengan kulit tubuh. Jadi, jangan gunakan sabun mandi untuk wajah karena memang kurang tepat, Meskipun bisa menghilangkan kotoran namun belum tentu dapat menyehatkan kulit wajah secara menyeluruh.

6. Membersihkan Muka dengan Menggunakan Air Hangat

img: media.viva.co.id
img: media.viva.co.id

Jika Anda pernah mendengar kalau air hangat berfungsi untuk membuka pori-pori dan air dingin menutup pori-pori, jangan dipercaya karena itu hanya mitos saja. Yang perlu Anda ketahui, pori-pori tidak punya otot untuk membuka dan menutup. Sebaiknya Anda menggunakan air bersuhu ruang untuk mencuci muka Anda. Air Hangat cenderung akan merusak minyak alami kulit.

7. Menggosok Muka Terlalu Keras dengan Handuk

img: sayasehat.com
img: sayasehat.com

Menggosok muka dengan handuk secara berlebihan dapat menyentak dan menarik kulit. Jadi sebaiknya, jika ingin mengeringkan wajah Anda, cukup dengan menepuk-nepuknya dengan lembut atau gunakan handuk yang lembut saja.

8. Tidur Tengkurep dan Menutup Muka dengan Bantal

img: nowtes.com
img: nowtes.com

Tanpa kalian sadari, ternyata bantal yang anda gunakan memiliki tingkat kekotoran yang paling tinggi. Oleh sebab itu, mengapa di wajibkan mengganti sarung bantal yang anda gunakan setiap 4 hari sekali atau lima hari sekali.

Jika Anda sering melakukan beberapa kesalahan di atas, yuk mulai sekarang kita rubah kebiasaan yang salah tersebut saat mencuci muka!

 

Gambar: Sedang Merawat Wajah via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.