Selamat Hari Pangan Sedunia, 16 Oktober 2015

  • Share

NGONOO.com – Kalian Pasti sudah tahu kalau Hari pangan sedunia diperingati setiap tanggal 16 Oktober, pas banget hari ini. Kita mau kasih info bermanfaat nih buat sahabat NGONOO dimanapun kalian berada. Info yang kami peroleh dari GPASI (Gerakan Pangan Aman dan Sehat Indonesia) dan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Pola makan dan diet yang buruk saat ini telah menjadi penyebab kematian dini secara global. 11 juta orang meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan kanker, penyakit jantung, dan diabetes setiap tahunnya.

Image-1

Diet dengan lemak, gula dan garam tinggi, serta rendah sayur dan buah menjadi risiko utama penyakit jantung, stroke, diabetes dan kanker. Penyakit tidak menular ini meningkat sangat cepat, terutama di negara sedang berkembang. Riset Kesehatan Dasar 2013, prevalensi berat badan lebih dan obesitas meningkat menjadi 26,3% dibandingkan 21,7% (2010). Prevalensi hipertensi mencapai 25,8%. Stroke 12,1 persen, meningkat dari 8,3 persen (2007).

Data Riskesdas 2013 menunjukkan:

  • 93,5 persen penduduk di atas 10 tahun kurang mengonsumsi sayuran.
  • 90,5 persen anak usia 10-14 tahun mengonsumsi mie instan lebih dari 1 kali seminggu. 51 persennya mengonsumsi lebih dari 3 kali seminggu.
  • Penduduk di atas 10 tahun mengonsumsi makanan berisiko cukup tinggi: 53 persen makanan manis, 41 persen makanan berlemak, 26 persen makanan asin, serta 77 pesen mengonsumsi bumbu penyedap dan 29 persen kopi.

Peningkatan diet yang buruk dan akibatnya obesitas dan penyakit tidak menular dikaitkan dengan peningkatan konsumsi pangan olahan yang seringkali tinggi lemak, garam dan gula.

Konsumen memilih pangan olahan karena beberapa alasan, seperti:

  • Pangan olahan seringkali lebih murah dari pangan yang lebih sehat
  • Ketersediaan pangan olahan meningkat
  • Marketing pangan olahan yang agresif

Selain konsumsi pangan olahan, konsumen juga cenderung makan makanan yang diolah di luar rumah, seperti jajanan, warung, dan restoran. Makanan ini juga cenderung tinggi lemak, garam, gula.

Demikianlah infromasi yang kami peroleh, semoga bisa lebih bijak lagi dalam memilih makanan sehat yang akan anda konsumsi.

 

Gambar: Food day, 16 Oct via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.