Foto Jadul Dari Pasar Loak Ini Tak Disangka Berharga Rp 66 Miliar

  • Share

NGONOO.com – Bro n sest yang hobi koleksi barang-barang antik sepertinya harus tetap meneruskan hobinya. Karena apa? Ya karena siapa tahu barang antik yang kamu koleksi adalah barang langka yang harganya bisa mencapai miliaran rupiah, kan lumayan tuh gaes. Seperti yang terjadi pada seorang kolektor barang antik asal California bernama Randy Guijarro belum lama ini.

Pada tahun 2010, Randy Guijarro membeli selembar foto tua di pasar loak dengan harga 2 dollar AS (Rp 26 ribu). Tapi ternyata foto jadul tersebut bukanlah foto jadul biasa. Siapa sangka, foto jadul itu  menggambarkan sosok langka Billy the Kid, bandit koboi AS yang merajalela di zaman wild west.

billy the kid a
Foto yang ada Billy the Kid-nya seharga Rp 66 Miliar

Dalam foto tyntype tersebut Billy tampak sedang bermain croquet bersama teman, keluarga, dan komplotannnya, “The Regulators”, pada musim panas tahun 1878 usai sebuah acara pernikahan di Lincoln County, New Mexico.

Karena langka dan begitu berharga, nilai foto tersebut pun ditaksir mencapai 5 juta dollar AS atau lebih dari Rp 66 miliar oleh balai lelang Kagin’s yang menyelidiki keaslian foto tersebut.

Billy the Kid
Sosok Billy the Kid

Dibutuhkan waktu setahun untuk memverifikasi kebenaran foto yang bersangkutan. “Kami harus benar-benar yakin soal di mana, kapan, bagaimana, dan mengapa foto tersebut diambil. Sekedar mirip saja tak cukup untuk kasus semacam ini,” sebut David McCarthy dari Kagin’s. Dan setelah melalui proses panjang dan diverifikasi oleh ahli yang bekerja pada NSA dan FBI pada akhirnya, disimpulkan bahwa foto yang bersangkutan benar-benar asli.

Ini merupakan salah satu dari hanya dua foto yang diketahui mengabadikan wajah Billy the Kid. Foto pertama sudah terjual seharga 2,3 juta dollar AS pada 2011 lalu. Billy the Kid sendiri adalah sosok terkenal yang mati muda pada usia 21 tahun. Hidupnya yang singkat dipenuhi kejahatan pencurian dan pembunuhan di era koboi abad ke-19 di AS.

gambar foto jadul via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.