Kalau Kamu Pernah Mainan Kayak Gini Berati Kamu Anak Indonesia Sejati

  • Share

NGONOO.com –¬†Anak-anak Indonesia saat ini sudah disibukan dengan smartphone di tangan mereka, seiring berjalannya waktu mungkin akan banyak hal-hal seru yang mereka tidak tau. Salah satunya adalah permainan tradisional, permainan yang mungkin sudah tidak akan ada lagi.

Seru tauk mainan kayak gini, mungkin kalau kamu anak yang lahir tahun 90an udah pernah ngerasain mainan seru ini, tapi yang lahirnya udah di tahun 2000an, jarang dari mereka memainkan permainan tradisional ala anak cerdas Indonesia ini.

Selain Smartphone, tv juga menjadi salah satu sebab anak-anak Indonesia malas beralih dari duduk antengnya, tau sendiri acara tv sekarangkan, acara kartun udah jarang, sedangkan sinetron dan manusia jadi-jadian merajalela, tidak sedikit anak-anakpun ikut menirukan apa yang sudah dilihatnya di tv.

Untuk orang tua yang sayang anak, jangan terburu-buru memberi anak mainan berupa smartphone, karena dampak negatifnya jauh lebih banyak ketimbang dampak positifnya. Sinetron di tv juga memiliki dampak negatif yang sangat besar, sekarang ini lebih baik nggak punya tv daripada anak-anak rusak gara-gara acara tv.

Coba kita flashback, permainan apa aja yang seru dan bisa dimainkan anak-anak kecil dulu. Positifnya, anak menjadi lebih aktif dan lebih cerdas.

Pletokan Bambu

Permainan Tradisional-2

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki permainan tradisional yang satu ini. Pletokan bambu namanya, sebuah senjata mainan yang terbuat dari bambu, biasanya mainan ini menggunakan peluru yang terbuat dari kertas dan sudah dibasahi atau bisa juga menggunakan kembang jambu. Kalau kamu pernah mainan yang namanya pletokan bambu ini, berati kamu sudah menjadi anak Indonesia sejati.

Main Karet Tipe Satu

Permainan Tradisional-4

Kenapa namanya main karet tipe satu? karena nanti ada juga permainan yang menggunakan karet, dan akan dinamakan main karet juga. Main karet model begini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki.

Main Geret-geretan Pake Plepah Pohon Kelapa

 

Permainan Tradisional-5

Permainan geret-geretan ini bisa dimainkan oleh banyak orang, dengan cara dua orang saling bekerja sama, yang satu menjadi supirnya alias yang narik plepahnya, sedangkan yang satunya lagi menjadi penumpangnya. Plepah yang digunakan adalah plepah kering, siapa yang sampai digaris finis duluan, maka dia yang menang.

Membuat Gelang dan Jam Mainan

Permainan Tradisional-6

Saking kreatifnya, anak-anak jaman dulu suka membuat gelang dan jam tangan mainan menggunakan janur/daun dari pohon kelapa. Setelah itu mereka akan berubah menjadi power ranger atau satria baja hitam. hehe…

Petak Umpet

Permainan Tradisional-7

Ini adalah model permainan yang nggak kalah seru lagi, yang satu memejamkan mata yang lainya ngumpet, yang berhasil ditemukan pertama kali maka dia gantian jaga untuk memejamkan mata.

Lompat Tali

Permainan Tradisional-8

Permainan ini biasanya di mainkan oleh anak perempuan, cara bermainnya adalah karet dipegang oleh dua orang dengan tinggi yang sama, jika karet berhasil dilompati, maka dua orang yang memegang karet tadi harus menaikan karet lebih tinggi lagi, dan begitu seterusnya. Ada juga lompat tali yang mainya hanya lompat lompat dan lompat saja, sesuai dengan ketentuan dan bagaimana peraturan mainnya.

Dolanan Gatheng

Permainan Tradisional-9

Gatheng adalah sebuah permainan ambil batu letakkan batu dan tangkap batu. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak laki-laki ataupun anak perempuan.

Itu tadi beberapa permainan tradisional yang mungkin perlu kamu ketahui, buat catatan aja, mana tau ada yang kangen pengen main kayak gitu. hehe…

Oya, ini ada pesen dari anak kecil buat pak presiden. Mana tau pak presiden bukak NGONOO dan liat gambar ini:

Pesan dari Seorang Anak

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.