Tahun Baru di Jogja: 25 Tempat Eksotis Hingga Kuliner Enak yang Bisa Bikin Meringis

NGONOO.com – Perubahan tanggal dalam kalender masehi diperkirakan hanya tinggal menghitung jam lagi, tanggal 31 Desember 2015 akan berganti menjadi tanggal 01 Januari 2016, selamat jalan kenangan, selamat tinggal masa lalu dan selamat datang masa depan.

Malam ini, Anak-anak muda dan anak alay akan berkumpul menjadi satu di sebuah tempat yang benar-benar akan sangat seru untuk memeriahkan pesta kembang api. Sebuah tempat yang menjadi tujuan utama banyak orang berkumpul untuk mendapatkan kenangan terindah yang tak kan pernah terlupakan, sesekali melihat senyuman cantik yang terurai lembut dari wajahnya, membuat suasana hati menjadi lebih aduhai sendunya.

Tak hanya di kota-kota besar yang akan merayakan malam pergantian tahun ini, beberapa daerah terpencil seperti di desa-desa pastinya juga akan ikut merayakannya, sekalipun hanya bersama dengan keluarga kecil, sebatang lilin dan sebuah terompet ala kadarnya juga akan ikut memeriahkan malam tahun baru ini.

Buat kamu kaula muda masa kini, pasti udah nggak sabar dong nunggu entar malem? udah ada rencana mau kemana dan pergi sama siapa? kamu nggak perlu bingung, pada kesempatan yang bahagia ini, kami akan menyajikan 25 tempat yang enak, bayangkan 25 tempat sekaligus khusus buat kamu! Kami akan menyajikan tempat dimana malam tahun baru dan pesta kembang apimu akan terlihat sangat mempesona dan benar-benar sempurna hingga menyisakan kenangan bahagia yang nyata.

Berikut kami persembahkan 25 Tempat di Jogja Untuk Menikmati Malam Tahun Baru. Dari Tempat yang Eksotis, Hingga Kuliner yang Bisa Bikin Meringis

Menikmati Malam Tahun baru di Jogja dari Ketinggian

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran via nenkcici.wordpress.com
Gunung Api Purba Nglanggeran via nenkcici.wordpress.com
Saat Malam Dari Gunung Api Purba via rovicky.wordpress.com
Saat Malam Dari Gunung Api Purba via rovicky.wordpress.com

Buat kamu pecinta alam yang ingin menikmati suasana malam dengan pesta kembang api dari ketinggian, gunung api purba atau nglanggeran bisa menjadi tempat menarik untuk dikungungi. Buat kamu yang mau bermalam disana, bisa menyiapkan tenda dan bekal makanan. Tenang gunung api purba nglanggeran nggak setinggi gunung sumbing dan gunung slamet. Jadi cocok buat pemuala apalagi wanita.

2. Bukit Bintang, Patuk, Gunungkidul

Bukit Bintang Patuk, Gunungkidul @Sahabat_Jogja
Bukit Bintang Patuk, Gunungkidul @Sahabat_Jogja
Bersama sahabat dan keluarga juga bisa via syambas.wordpress.com
Bersama sahabat dan keluarga juga bisa via syambas.wordpress.com

Bukit bintang menjadi tempat ke dua dimana kamu juga bisa menikmati suasana malam tahun baru dari ketinggian, banyak warung-warung yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai bersama keluarga dan orang tercinta. Tapi jangan ditanya macet dan ramainya, sebab bukit bintang adalah tempat favorit banyak orang untuk menikmati eksotisnya lampu-lampu jalanan, rumah-rumah dan gedung-gedung bertingkat.

3. Bukit Parang Endog / Bukit Paralayang

Bukit Parang Endog via yukpiknik.com
Bukit Parang Endog via yukpiknik.com

Bukit parang endog terletak di ujung timur Pantai Parangtritis, bukit ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya. Dari atas sini, kita bisa melihat garis Pantai Parangtritis yang berkelok-kelok panjang. Kalau malam tahun baru di pantai parangtritis sudah pasti ramai, maka kamu bisa mendaki ke bukit parang endog. Kalau kamu adalah tiper orang yang ngga sabaran, kamu bisa dateng sebelum maghrib, tunggulah sampai matahari menyudahi hari. Langit cerah digelayuti awan tipis akan tampak menawan saat senja tiba. Dan setelahnya malam tahun barupun siap menyambutmu.

4. Istana Ratu Boko

Pemandangan dari Istana Ratu Boko via kabud.wordpress.com

Candi Boko atau Istana Ratu Boko terletak di sebelah selatan kompleks prambanan. Buat kamu yang mau menikmati keindahan candi prambanan dari ketinggian, di Istana Ratu Boko ada sebuah bukit yang terletak di sebelah kiri gapura. Dari bukit tersebut kita bisa melihat bagaimana gagahnya Candi Prambanan di malam hari.

5. Indoluxe Hotel

Indoluxe Hotel via tripadvisor.com
Indoluxe Hotel via tripadvisor.com

Nah ini ni, tempat yang paling enak buat menikmati malam tahun baru dari ketinggian bersama orang tercinta. Apalagi buat pasangan yang baru berbulan madu, sebuah hotel yang saat ini merupakan hotel tertinggi di kawasan Jogja dan sekitarnya.

Menikmati Malam Pergantian Tahun di Pantai Jogja

6. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis saat sore hari via yogyakarta.panduanwisata.id
Pantai Parangtritis saat sore hari via yogyakarta.panduanwisata.id

Kalau di Jogja, pantai parangtritis merupakan pantai yang sangat populer dan paling banyak menjadi tujuan wisata. Tahun baru kali ini, pantai parangtritis akan menyajikan banyak kegiatan, salah satunya adalah pesta kembang api yang nggak pernah ketinggalan saat pergantian malam tahun baru tiba.

7. Pantai Watu Lumbung, Gunungkidul

Pantai Watu Lumbung via rheneo.com
Pantai Watu Lumbung via rheneo.com

Soal pantai, Kabupaten Gunungkidul adalah tempat yang menyajikan banyak pantai-pantai bagus dengan sejuta keindahan alamnya. Pantai watu lumbung adalah salah satu destinasi favorit yang pernah saya kunjungi. Sebab keindahan pantainya beda dari pantai yang lainya, hanya perlu di perhatikan, jalan menuju pantai watu lumbung lumayan terjal, jadi alangkah baiknya jika mau bermalam di sana, berangkatlah saat hari masih sore. Dan di pantai watu lumbung belum ada penginapan, jadi bawalah tenda jika ingin bermalam di sana.

8. Pantai Baron, Gunungkidul

Ibu-ibu yang sedang menjual makanan khas laut di Pantai Baron, Gunungkidul
Souvenir yang di jual di Pantai Baron

Pantai Baron adalah pantai ke selanjutnya yang layak di kunjungi untuk menikmati malam pergantian tahun. Kalau di pantai ini kamu nggak perlu bawa tenda dan bekal makanan yang banyak, karena pantai baron sudah ada banyak penginapan, pedagang yang menjual kuliner khas laut dan souvenir. Dijamin tahun barumu bekalan nyaman dan kenyang.

9. Pantai Wediombo, Gunungkidul

Pantai Wediombo via kompasiana.com
Pantai Wediombo via kompasiana.com

Kalau kamu mau menikmati pantai di malam tahun baru, datanglah saat sore hari, sebab ada banyak hal yang sayang untuk dilewatkan, dari anak-anak kecil yang bermain air di pantai hingga sunset yang akan membuatmu terpana saat memandagnya.

10. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti via rheneo.com
Pantai Indrayanti via rheneo.com

Sejak 2 tahun lalu, Indrayanti menjelma sebagai pantai yang di gemari oleh wisatawan lokal maupun manca, selain pemandangannya yang bagus, bangunan bak pantai di bali pun bisa kita rasakan sesampainya di tempat ini. Tahun baru bisa di pastikan penginapan di sekitaran pantai sudah tidak tersisa lagi, pasalnya hamparan pantai yang luas dan makanan yang lezat selalu tersedia untuk mengisi perut yang kosong.

11. Pantai Jungwok

Pantai Jungwok via rheneo.com

Tak berbeda dengan pantai-pantai lainya, pantai jungwok adalah satu dari sekian banyak pantai di Gunungkidul yang oke banget buat menikmati malam bersama teman-teman. Dari yang sekedar duduk mendegar deru ombak di kala malam, bakar-bakar ikan dan ada juga yang tiduran melihat jutaan bintang. Letak pantai Wediombo, jungwok dan watu lumbung memang bisa di bilang berdekatan.

Menikmati Malam Tahun Baru Di Candi Sekitaran Jogja

12. Candi Borobudur

Pesta Lampion di Candi Borobudur via backpackerindonesia.com
Pesta Lampion di Candi Borobudur via backpackerindonesia.com

Kabarnya pergantian tahun malam ini Candi Borobudur akan mengadakan pesta lampion, akan ada banyak lampion yang siap di terbangkan saat malam tahun baru nanti. Buruan jangan sampai ketinggalan, destinasi bagus nih buat kamu yang belum pernah merayakan tahun baru di Candi Borobudur.

13. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan via ksmtour.com

Siapa yang tak kenal dan tak tahu betapa eksotis dan gagahnya Candi Prambanan. Tepatnya malam ini juga akan ada pagelaran Ramayana Ballet Prambanan, di Panggung Kesenian Trimurti Taman Wisata Candi Prambanan Jalan Raya Yogya.

14. Candi Ijo

Senja di Candi Ijo via insanjabal.com
Senja di Candi Ijo via insanjabal.com

Candi Ijo terkenal dengan pelancongnya yang doyan foto sunset, menikmati senja yang tersisa bersama dengan keluarga dan kerabat menjadi kenangan tersendiri yang perlu kita coba sembari menunggu malam pergantian tahun yang akan tiba.

Menikmati Malam Tahun Baru di Pusat Kota

15. Titik Nol Jogja

Titik Nol Jogja via kompasiana.com
Titik Nol Jogja via kompasiana.com

Titik Nol Jogja memang pusatnya keramaian, nggak hanya di malam tahun baru, tapi juga di malam-malam biasanya, setelah beberapa hari yang lalu titik nol Jogja mengalami renovasi dan kini renovasinya telah selesai. Jika malam biasa kita akan melihat anak-anak kreatif dari berbagai komunitas, dari komunitas sepeda, hingga komunitas orang-orang yang menyamar sebagai makhluk halus.

16. Alun-alun Selatan

Keramaian di Alun-alun Selatan via yogyakarta.panduanwisata.id
Keramaian di Alun-alun Selatan via yogyakarta.panduanwisata.id

Alun-alun selatan kota Jogja juga menjadi tempat favorit untuk kaula muda menghabiskan malam tahun 2015-nya. Kalau bukan malam tahun baru, alun-alun selatan biasanya juga banyak di kunjungi untuk wisata malam, karena disana banyak hiburan berupa sepeda kerlap-kerlip dan melewati dua pohon beringin yang menjadi tantangan tersendiri di alun-alun selatan ini.

17. Alun-alun Utara

Alun-alun Utara Jogja via defickry.com
Alun-alun Utara Jogja via defickry.com

Lanjut ke alun-alun utara, di malam tahun baru ini alun-alun utara ramainya nggak berbeda jauh dengan alun-alun selatan, hampir di setiap sudut kota penuh dengan orang-orang yang ingin menghabiskan malamnya bersama dengan orang-orang terdekat.

18. Tugu Jogja

Tahun baru di Tugu Jogja via hangoutindo.com
Tahun baru di Tugu Jogja via hangoutindo.com

Selain Alun-alun dan Titik nol Jogja, Tugu Jogja juga nggak kalah menariknya, terbukti dengan banyak orang berfoto untuk mengabadikan momen di malam tahun baru.

Kuliner Enak di Malam Tahun Baru Kota Jogja

Gudeng Enak dan Fenomenal di Kota Jogja

19. Gudeg Wijilan Yu Djum

Gudeg Wijilan Yu Djum via gastronomy-aficionado.com
Gudeg Wijilan Yu Djum via gastronomy-aficionado.com

Gudeg Wijilan Yu Djum adalah gudeng yang terkenal seantero Jogja bahkan hingga keluar Jogja. Bumbu Gudeg Yu Djum yang manis dipadu dengan kuah yang pedas mampu membuat sensasi rasa yang tidak terlupakan. Gudeg Yu Djum juga menyediakan paket kendil yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk saudara di rumah.

20. Gudeg Permata

Gudeg Permata via yogyes.com
Gudeg Permata via yogyes.com

Selain Gudeg Yu Djum yang sudah melegenda dan sudah melalang buana, ada juga gudeg permata yang enaknya bisa bikin kita laper seketika. Gudeg permata letaknya dekat dengan bioskop permata, salah satu bioskop yang terkenal pada masa lampau di Jogja. Gudeg yang berada di depan Bioskop Permata ini menawarkan rasa kuah yang gurih. Berdiri sejak tahun 1951, wow! tua mana sama kamu? hehe, buat kamu yang pengen nyobain gudeg permata, alamatnya ada di tengah kota Jogja tepatnya di Jalan Gajah Mada, buka pukul 20.00 hingga 02.00 dini hari.

21. Gudeg Mercon Tugu

Gudeg Mercon Tugu via bingkaipetualang.wordpress.com
Gudeg Mercon Tugu via bingkaipetualang.wordpress.com

Gudeg Mercon Bu Tinah terletak di Jl. Asem Gede, dekat Pasar Kranggan, Jetis. Pas banget buat kamu yang mau merayakan malam tahun baru di deket Tugu Jogja. Nah, kalau gudeg yang kita tahu rasanyakan manis, beda dengan gudeg yang di buat oleh Bu Tinah, cabe rawit hijau dan merah ikut ditambahkan kedalam tiap piring sajian gudegnya. Rasa pedas gudeg mercon ini pun meledak hingga ke semua penjuru. Gudeg mercon Bu Tinah buka pukul 21.00 WIB. Penasaran? Buruan di serbu…

Kuliner Enak, Soto Tengah Malam

22. Soto Sampah Tugu

Soto Sampah via metrotvnews.com
Soto Sampah Tugu via metrotvnews.com

Soto sampah yang dimaksud disini bukan soto yang dikasih sampah ya gaes. Dinamakan soto sampah karena soto ini menggunakan lemak sapi atau gajih, dan tampilannya yang amburadul acak-acakan antara kol, daging yang dipotong, tauge dan beberapa beberapa bahan lainnya dicampur menjadi satu dan disiram kuah, itulah mengapa disebut dengan soto sampah.

Angkringan Kondang dan Terkenal di Jogja

23. Angkringan Lek Man dan Kopi Joss Mantap

Angringan Lek Man via tempatkuliner.com
Angringan Lek Man via tempatkuliner.com

Angkringan Lek Man sudah terkenal di Jogja dengan Kopi Jos sebagai minuman andalannya, segelas kopi disajikan panas dengan diberi arang yang masih menyala. Sedangkan menu makanannya hampir sama dengan angkringan lain, yaitu nasi kucing, aneka gorengan, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, dll. Angkringan ini letaknya dekat dengan stasiun tugu Jogja.

24. Angkringan KR Pak Jabrik

Nasi kucing dan es teh menjadi teman di saat malam via haiineola.com
Nasi kucing dan es teh menjadi teman di saat malam via haiineola.com

Nggak perlu khawatir untuk kehabisan tempat, angkrigan KR pak Jabrik memiliki tempat yang bisa di bilang cukup luas untuk orang-orang yang ingin menikmati segelas wedang uwuh (minuman tradisional dengan racikan rempah). Angkringan ini terletak di depan Kedaulatan Rakyat, Mangkubumi Selatan Tugu Jogja.

25. House of Raminten

House of Raminten

House of Raminten ini bisa di bilang angringan modern-nya kota Jogja. Sesampainya di sana yang pertama kali akan kita lihat adalah sebuah foto wanita mengenakan kebaya lengkap dengan sanggulnya seolah mempersilahkan setiap tamu yang datang untuk menikmati warung makan miliknya. Nuansa atmosfer Jawa pun sangat terasa bahkan ketika kita tiba di depan tempat makan ini. Alunan musik gending Jawa berpadu dengan bau dupa menjadi ciri khas tempat makan yang cukup nyentrik di tengah Kota Jogja. Banyak hal yang unik mengenai angkringan modern ini, sembari menunggu makanan yang dipesan datang, kamu bisa baca-banca di internet mengenai angkringan modern yang selalu ramai ini.

Itu tadi 25 tempat di Jogja yang bisa menjadi pilihan buat kamu yang mau merayakan malam tahun baru bersama orang-orang terdekat. Selamat tahun baru 2016 gaes, semoga selalu hebat dan terus hebat! Jangan lupa kasih hadiah calon mantu ya sama orang tua. hehehe

Gambar: Merayakan tahun baru via Shutterstock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.