Barang-Barang yang Ditemukan di Dasar Kanal Saint Martin Paris Saat Dikuras, Mengejutkan!

  • Share

NGONOO.com – Selain punya menara Eiffel sebagai ikon wisata utamanya yang terkenal di dunia, Paris ternyata juga punya sebuah kanal di tengah kota yang cukup terkenal dan ikonikĀ  bernama Kanal Saint Martin. Kanal Saint-Martin beralamat di 10 arrondissement, salah satu distrik paling eksklusif dan bergaya di kota Paris.

Dan di awal tahun 2016 ini untuk pertama kalinya kanal tersebut kembali dikuras setelah terakhir dikuras 15 tahun yang lalu. Dan setelah air disurutkan maka nampaklah benda-benda mengejutkan yang terdapat di dasar kanal tersebut gaes. Mulai dari radio jadul, kamera jadul, ponsel, bangkai-bangkai sepeda dan motor memenuhi dasar kanal. Belum lagi rongsokan benda-benda lainnya yang udah ga jelas bentuknya.

kanal paris
Kanal Saint-Martin Paris saat dikuras via dailymail

Sebenernya ga heran sih kalo ada banyak benda-benda ga wajar di dasar kanal Saint-Martin, karena dalam beberapa tahun terakhir, area tersebut dikenal dengan kehidupan malamnya, dan menjadi magnet bagi turis lokal maupun mancanegara. Penduduk pun menyalahkan peningkatan popularitas area tersebut, sebagai alasan ditemukannya benda-benda aneh di kanal.

Terakhir kali kanal dibersihkan pada tahun 2001, petugas juga menemukan sekitar 40 ton sampah di dasar saluran air. Benda-benda bekas yang ditemukan antara lain sepeda, sepeda motor, koin emas, kursi roda,toilet, dan bahkan mobil.

Proyek menguras kanal yang mengosongkan 90.000 meter kubik air, dan merenovasi empat kunci gandanya ini menghabiskan biaya 9,5 juta euro. Air dalam kanal akan terus dikuras selama tiga bulan mendatang. Saat ini tahap pertama sudah dilakukan, di mana air dikuras hingga hanya tersisa 50 cm dari dasar kanal.

Selain mengambil sampah dan menguras air, tindakan lain yang dilakukan adalah memindahkan ikan-ikan yang ada di kanal, dan hasilnya pekerja berhasil memindahkan 4,5 ton ikan trout, ikan mas, dan ikan air tawar lainnya ke bagian lain kanal. Untuk memindahkan ikan-ikan yang ada, para pekerja hanya punya waktu tiga hari. Karena di targetkan pada 7 Januari, Kamis, kanal akan kering sepenuhnya.

kanal paris8
Ikan yang ada di kanal Saint-Martin Paris via dailymail

Kanal ini awalnya digagas oleh Napoleon Bonaparte. Ia membuat komisi khusus untuk pembuatan kanal tersebut pada 1804, dengan tujuan menyediakan air segar untuk kota. Namun di era modern, kehidupan malam telah merusak kanal beserta area sekelilingnya. Sehingga kanal jadi terlihat kumuh dan tercemar.

Deputi walikota divisi lingkungan hidup, Celia Blauel meminta penduduk Paris untuk menjaga kebersihan kanal setelah pengurasan selesai dilakukan. “Jika semua orang tak membuang apapun ke dalam kanal, dalam beberapa tahun mendatang kita mungkin bisa berenang di dalam airnya, seperti di beberapa kota di Eropa lainnya,” tutur Blauel.

Mau tau benda-benda apa aja yang ada di dasar kanal Saint-Martin Paris? Yuk intip foto-fotonya berikut ini.

kanal paris5
satu dari puluhan seperda yang ada di dasar kanal
kanal paris2
ada kursi juga
kanal paris6
Sepeda dan troley supermarket
kanal pariss
Smartphone juga ada
kanal paris 9
Ini gimana ceritanya motor segede ini bisa di dasar kanal
kanal paris 8
petugas lagi mindahin ikan
kanal paris 4
kamera antik
kanal paris 3
radio jadul
kanal paris 1
motor matic
kanal paris7
puluhan bangkai-bangkai sepeda di dasar kanal

via Dailymail

gambar kanal Saint-Martin Paris via Shutterstock

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.