ASUS Zenfone Max Pro M2

Sering Berlama-lama di Depan Komputer? Install Aplikasi Ini Agar Mata Kamu Tetap Sehat

Yus Yulianto | Android | 20 Mar, 2017

Kamu sering bekerja sampai larut malam di depan komputer? Atau sering begadang ngerjain tugas-tugas kuliah sampai mata lelah? Maka, kamu wajib install f.lux. F.lux adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengubah kehangatan warna layar komputer kamu agar sesuai dengan kondisi pencahayaan ruangan.

Kerennya, kamu tidak perlu mengatur f.lux secara manual setiap kali hari menjelang malam. F.lux bekerja secara otomatis sesuai dengan koordinat lokasi kamu. Jadi ketika hari berganti menjadi malam, f.lux akan bekerja secara otomatis mengubah kehangatan warna layar komputer sehingga mata tidak cepat lelah.

F.lux bisa di install di Windows, macOS, iPhone/iPad , Android dan juga Linux. Kamu bisa mendownload dan menginstall f.lux secara gratis di website resminya disini. Setelah berhasil mendownload dan menginstallnya di komputer kamu, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memberikan koordinat tempat kamu berada ke f.lux supaya ia tau kapan harus mengatur kehangatan warna layar komputer kamu.

Buka f.lux, lalu klik Find your latitude and longitude.

flux

Selanjutnya kalian akan diarahkan ke website https://justgetflux.com/map.html yang secara otomatis akan mengetahui lokasi kamu. Copy angka-angka yang ada dibawah website tersebut. Angka-angka tersebut adalah koordinat tempat kamu berada.

Paste-kan koordinat yang tadi kamu copy ke kolom latitude di aplikasi f.lux.

Klik Preview untuk melihat bagaimana f.lux mengubah kehangatan layar, lalu close. F.lux akan mengubah kehangatan warna layar komputer kamu ketika lokasimu beruah menjadi malam hari. Berdasarkan pengalaman saya, beberapa hari pertama menggunakan f.lux saya masih bisa merasakan f.lux telah mengubah warna layar laptop saya ketika malam hari tiba.

Tapi seiring dengan pemakaian, saya lama-lama semakin tidak sadar. Mata saya menjadi tidak cepat lelah walaupun berlama-lama memandang foto mantan di layar laptop. Dan ketika suatu waktu saya iseng menonaktifkan f.lux, layar laptop langsung membuat mata saya silau. Saya segera mengaktifkan f.lux lagi.

Sebagai orang yang sering berlama-lama bekerja dengan laptop, saya memasukan f.lux ke daftar aplikasi wajib yang harus saya install setiap kali saya menginstall ulang OS laptop. Kamu juga wajib menggunakan aplikasi ini, entah kamu seorang desainer, programmer, penulis, atau yang sering lama-lama stalking akun sosmed mantan.