4 Tips dan Trik Google Play yang Wajib Dicoba Para Pengguna Android

  • Share

Google Play Store adalah toko aplikasi resmi untuk android. Fungsi utama Google Play Store adalah untuk mendownload aplikasi, game, buku, film, dan lain-lain. Walaupun ada di hampir semua perangkat androi di dunia, namun tidak banyak pengguna android yang tahu 5 tips dan trik dibawah ini.

Berikut ini adalah 4 tips dan trik Google Play yang wajib kamu coba

Update Google Play Secara Manual

Kamu pasti bertanya, kenapa harus update Google Play secara manusl, padahal Google Play selalu update secara otomatis bukan? Memang, Google Play akan selalu melakukan update otomatis.

Namun dalam beberapa kasus, seperti ketika kamu mereset smartphone maka Google Play akan kembali ke versi awal ketika smartphone android kamu baru dibeli. Untuk melakukan update Google Play saat itu juga, pergi ke pengaturan Google Play lalu klik beberapa kali pada “Versi Play Store”.

Install Aplikasi/Game Dari Komputer

Kamu bisa melakukan pencarian aplikasi atau game di Google Play melalui browser di PC kamu. Kamu juga dapat melakukan installasi langsung dari komputer kamu tanpa perlu menyentuh smartphone sedikitpun.

Cukup klik install, lalu pilih smartphone (jika kamu memakai lebih dari satu smartphone). Pastikan bahwa smartphone kamu juga sedang terhubung ke internet. Maka Google Play di android kamu akan mendownload aplikasi/game yang tadi kamu download dari PC.

Membatasi Konten Dewasa yang Muncul di Google Play

Jika kamu punya keponakan ataupun anak, tentu tidak ingin jika mereka melihat aplikasi, game ataupun film-film yang tidak sesuai dengan umur mereka. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan fitur Google Play yang satu ini.

Buka menu pengaturan Google Play, lalu pilih “Kontrol orang tua”. Disitu kamu bisa memilih rating aplikasi, game, dan film yang akan muncul di Google Play.

Membatasi Pembelian Aplikasi dan Game

Anak-anak tidak tahu betapa susahnya mencari uang. Mereka juga tidak tahu bahwa beberapa aplikasi dan game di Google Play harus “ditebus” dengan uang sungguhan. Untuk menghindari pembelian aplikasi dan game berbayar yang tidak diinginkan, kamu bisa membatasinya di pengaturan, lalu pilih “Perlu autentifikasi untuk pembelian”.

Nah, itu dia 4 tips dan trik yang bisa kamu lakukan dengan Google Play. Mulai dari membatasi aplikasi dewasa sampai dengan mengupdate Google Play secara manual. Selamat mencoba ya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.