ads

5 Ekstensi Chrome Untuk Membaca Artikel Jadi Lebih Asik

Yus Yulianto | Arsip | 13 Jul, 2017

Salah satu bentuk informasi yang banyak bertebaran di dunia maya adalah teks. Dan cara menyerap informasi dari teks tentu saja adalah dengan membacanya. Namun, terkadang membaca berita di website tidak senikmat membaca berita di koran.

Tahu kenapa? Itu karena masih ada saja website yang menggunakan komposisi tampilan yang kurang pas. Mulai dari pemilihan latar belakang dan warna teks yang tidak tepat. Sehingga membuat mata jadi sakit.

Jika kamu menggunakan Google Chrome, untungnya ada 5 ekstensi dibawah ini. 5 ekstensi dibawah ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan pengalaman membaca kamu jadi lebih asik.

Readability

Ekstensi Chrome yang satu ini bisa mengubah teks dan halaman web yang sedang kamu kunjungi menjadi format yang lebih asik untuk dibaca. Tampilannya akan jadi seperti ebook. Jadi, yang akan ditampilkan adalah teksnya saja.

Salah satu fitur yang sangat membantu di Readability adalah kemampuannya untuk mengingat halaman web mana saja yang biasa kamu kunjungi dengan menggunakan mode baca Readability. Jadi, kamu tidak perlu terus-terus menekan tombol Readability.

Read Mode

Ekstensi ini memang tidak memiliki fitur sebanyak ekstensi idiatas. Namun menurut saya, Read Mode dapat menampilkan konten web (teks) dengan lebih baik jika dibandingkan Readability.

Konten web yang diubah menjadi Read Mode akan lebih enak untuk dibaca. Mengaktifkan ekstensi ini juga cukup mudah, kamu tinggal klik logo Read Mode di bagian kanan atas Chrome, lalu abrakadabra. Halaman website akan berubah menjadi mode baca.

Magic Scroll

Magic Scroll adalah ekstensi yang sangat unik. Ia bisa mengubah setiap halaman website yang sedang kamu baca menjadi seperti buku dengan jumlah berlembar-lembar (tergantung website).

Kamu juga bisa melakukan pengaturan agar Magic Scroll dapat bekerja sesuai dengan selera kamu. Kamu bisa mengatur ukuran font, sampai dengan skema warna yang digunakan.

Text Mode

Cara kerja aplikasi ini juga sedikit berbeda dengan aplikasi kebanyakan. Jika aplikasi lain akan “mengambil teks” website lalu menampilkannya di tempat baru, maka Text Mode tidak seperti itu.

Text Mode akan membiarkan teks berada di website. Jadi desain web yang bersangkutan akan tetap ada. Hanya saja, komponen-komponen seperti video, flash, dan lain-lain akan dihilangkan untuk memudahkan kamu membaca kontennya.

Text-Only Mode

Cara kerja ekstensi ini hampir mirip dengan ekstensi Text Mode. Ya, namanya juga mirip bukan? Ekstensi ini sangat cocok kamu install di Google Chrome jika kamu sering membaca website berita dengan artikel yang sebagian besarnya berisi teks.

Jadi, kamu bisa lebih fokus ke kontek daripada harus dipusingkan dengan berbagai pernah-pernik website. Untuk mengaktifkan ekstensi ini, cukup klik ikon nya di atas kanan Google Chrome.

Kesimpulan

5 ekstensi diatas bisa kamu gunakan agar membaca artikel di website jadi lebih mudah dan fokus. Pasalnya, yang akan ditampilkan hanya teks dan juga gambar yang ada dalam artikel.