ads

Chipset 5G Besutan MediaTek Siap Hadir Awal Tahun 2019, Apa Keunggulannya?

Radityo | Berita | 06 Nov, 2018

Saat ini jaringan 5G tengah dikembangkan agar bisa segera dinikmati oleh semua orang di dunia ini. Nah, untuk mendukung hal tersebut tentunya dibutuhkan berbagai sarana penunjang yang memadai, termasuk salah satunya adalah chipset 5G.

Bicara mengenai chipset 5G, tercatat hanya Qualcomm saja yang sejak tahun 2017 kemarin sedang menggarap chipset 5G. Namun, di tahun 2019 besok Qualcomm tidak akan sendirian, karena produsen lainnya, yaitu MediaTek, juga akan menghadirkan chipset 5G. Bahkan MediaTek sudah mengeluarkan informasi bahwa mereka akan meluncurkan chipset 5G pada awal tahun 2019.

 

Nantinya chipset 5G besutan MediaTek akan mengusung nama Helio M70. Chipset ini merupakan modem 5G independen yang diracik menggunakan proses 7nm produksi TSMC. MediaTek Helio M70 digadang-gadang sanggup  mengontrol panas sehingga dapat meminimalkan risiko timbulnya panas berlebih pada smartphone.

Nah, agar bisa bersaing dengan chipset 5G buatan Qualcomm, yakni Snapdragon X50 5G, tentu saja MediaTek Helio M70 harus menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh Snapdragon X50 5G, dan ternyata MediaTek Helio M70 memilikinya.

Keunggulan tersebut adalah chipset ini bisa digunakan pada smartphone low-end. Sedangkan chipset Snapdragon X50 5G hanya bisa digunakan pada smartphone kelas menengah dan kelas atas saja. Berdasarkan hal itu, maka smartphone kelas bawah nantinya juga akan bisa berjalan pada jaringan 5G. Mengingat jumlah smartphone kelas bawah tidaklah sedikit, maka bisa jadi chipset 5G besutan MediaTek sanggup bersaing dengan chipset 5G besutan Qualcomm dalam hal penjualan.

via Gizchina