ASUS Zenfone Max Pro M2

Ini Dia Daftar 5 Aplikasi e-Book Reader Terbaik Untuk Android

Radityo | Android | 22 Feb, 2019

Bagi sebagian orang, membaca memang aktivitas yang menyenangkan, karena selain mendapat ilmu dan wawasan, membaca juga bisa menjadi sarana hiburan (membaca komik misalnya). Nah, mengikuti perkembangan jaman di era yang serba digital ini, membaca tidak lagi harus melalui media fisik, melainkan bisa juga melalui media elektronik, baik itu menggunakan smartphone atau tablet.

Sehubungan dengan hal itu, saat ini sudah tersedia banyak sekali aplikasi untuk membaca e-book di platform Android. Namun, tentu saja tidak semua aplikasi tersebut nyaman digunakan. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan rekomendasi aplikasi e-book reader untuk Android yang mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan. Oh iya, selain aplikasi e-book reader, kami juga akan memberikan rekomendasi aplikasi yang khusus digunakan untuk membaca komik. Monggo disimak saja daftarnya.

1. Librera

Aplikasi pertama yang bisa kamu pilih adalah Librera. Aplikasi ini bisa membaca berbagai jenis format file seperti PDF, EPUB, EPUB3, MOBI, DJVU, FB2, FB2.ZIP, TXT, RTF, AZW, AZW3, HTML, XPS, CBZ, dan CBR. Asyiknya, aplikasi Librera ini memiliki ukuran aplikasi yang terbilang kecil, hanya 14 MB. Bila ada yang pengen mendapatkan aplikasi ini, silahkan klik saja link ini.

2. Perfect Viewer

 

Aplikasi bernama Perfect Viewer ini juga memiliki kemampuan untuk membaca atau membuka beragam jenis format file. Sebut saja EPUB, HTML, TXT, JPEG, PNG, GIF, BMP, WebP, TIFF, CBZ/ZIP, CBR/RAR, 7Z/CB7, LZH, CBT/TAR, PDF, XPS, dan DJVU file setelah pengguna meng-install PDF plugin. Selain itu, Perfect Viewer juga menawarkan beberapa mode membaca yakni Page mode, Vertical Scroll mode, dan Horizontal Scroll mode. Jika kamu kepengen mencoba menggunakan aplikasi ini, berikut link untuk men-download-nya.

3. FullReader

Aplikasi ketiga yang kami rekomendasikan adalah FullReader. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk membuka berbagai jenis format file, di antaranya fb2, ePub, txt, PDF, doc, docx, cbr, cbz, rtf, DjVu, DjV, html, htm, mobi, xps, oxps, odt, rar, zip, 7z, dan MP3. Menariknya lagi, aplikasi FullReader ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan buku alias audio book. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan penyimpanan berbasis cloud, seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive. Apabila berminat, silahkan klik link ini untuk men-download-nya di Google Play Store.

4. ComicRack

Sesuai dengan namanya, aplikasi ComicRack ini merupakan aplikasi yang khusus digunakan untuk membaca komik. Aplikasi ini menawarkan user interface yang menarik agar pengguna merasa nyaman saat membaca komik menggunakan aplikasi ini. Pengguna bisa memilih mana posisi yang paling nyaman antara single page atau double page saat membaca komik. Oh iya, aplikasi ComicRack juga bisa terintegrasi dengan Windows melalui konektivitas USB apabila pengguna juga memiliki aplikasi ini di perangkat Windows. Jika terintegrasi dengan Windows, maka secara otomatis susunan maupun pengaturan akan ter-sinkronisasi. Apabila kamu berniat untuk memiliki aplikasi bernama ComicRack ini, langsung saja klik link ini untuk mendapatkannya di Google Play Store.

5. Comic Time Reader

Aplikasi bernama Comic Time Reader ini bisa kamu gunakan untuk membaca komik biasa maupun komik manga sekalipun. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur menarik seperti Smart mode, Movie mode, Manga reading, dan lain sebagainya. Untuk jenis format file yang bisa dibaca hanya CBR (rar) dan CBZ (zip), yang kebanyakan merupakan format file untuk komik. Comic Time Reader sendiri tersedia secara gratis di Google Play Store.