ASUS Zenfone Max Pro M2

Aplikasi Terbaik Untuk Mengontrol Penggunaan Aplikasi pada Perangkat Android

Radityo | Android | 23 Apr, 2019

Tidak bisa dipungkiri, saat ini sudah banyak pengguna perangkat mobile, dalam hal ini adalah smartphone atau tablet, yang ketagihan dengan perangkat miliknya. Orang yang sudah ketagihan tersebut biasanya lebih banyak menghabiskan waktu untuk memainkan perangkat miliknya (bermain game atau mengakses media sosial) ketimbang bersosialisasi atau mengerjakan hal yang lebih penting lainnya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut maka diciptakanlah aplikasi yang bisa mengontrol penggunaan aplikasi yang terpasang pada perangkat smartphone atau tablet. Diharapkan dengan aplikasi ini pengguna bisa lebih menghargai waktu dengan tidak terpaku terus menerus untuk memainkan perangkat mobile miliknya. Lantas, apa saja aplikasi tersebut?

1. App Usage

Sesuai dengan namanya, App Usage bakal membantumu dalam mengatur penggunaan aplikasi. Berbekal aplikasi ini kamu bisa memantau aplikasi mana saja yang paling sering digunakan, memantau berapa lama kamu membuka suatu aplikasi, memantau seberapa sering kamu mengecek smartphone/tablet, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga bisa memberitahu jika kamu sudah menggunakan perangkat secara berlebihan agar kamu mengurangi penggunaan smartphone/tablet. Apabila ada yang ingin mengunduh aplikasi ini maka langsung saja menuju ke Google Play Store untuk mendapatkannya.

2. SPACE

Aplikasi berikutnya yang bisa diandalkan untuk memantau aktivitas penggunaan smartphone/tablet adalah SPACE. Aplikasi ini bakal menentukan tipe apakah kamu dalam mengoperasikan smartphone/tablet, apakah tipe boredom battler, social sticky-mitt, rabbit hole wanderer, atau busy bee. Kamu bisa mengatur “goals” atau tujuan untuk memantau dan membatasi penggunaan perangkat serta membuka kunci jika sudah mencapai goals atau tujuan tersebut untuk mendapatkan poin. Aplikasi bernama SPACE ini akan membantu untuk mengubah kebiasaanmu yang terlalu sering mengoperasikan perangkat mobile. Silakan klik saja link ini jika kamu ingin mengunduhnya di Google Play Store.

3. OFFTIME

OFFTIME merupakan aplikasi yang bakal melacak dan menyesuaikan serta membatasi penggunaan smartphone/tablet agar kamu bisa melakukan hal lain yang lebih produktif. Apabila kamu sudah ketergantungan dengan aplikasi yang ada di smartphone/tablet, maka kamu dapat mengatur agar OFFTIME bisa membatasi akses ke aplikasi tertentu dan membatasi penggunaan smartphone/tablet. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini bahkan bisa memblokir panggilan masuk, pesan teks, dan notifikasi agar kamu tidak “terganggu” dengan hal-hal tersebut. Jika ada yang ingin mengunduh aplikasi OFFTIME maka kamu bisa mengunduhnya melalui link berikut ini.