ASUS Zenfone Max Pro M2

Asus Hadirkan Laptop Gaming Tertipis di Dunia yang Berbasiskan GPU NVIDIA GeForce RTX

Radityo | Berita | 11 Apr, 2019

Serius menggarap segmen laptop gaming melalui lini Asus ROG, belum lama ini Asus kembali menghadirkan dua laptop gaming terbaru miliknya. Kedua laptop tersebut adalah ROG Zephyrus S GX701 dan GX531. Kehadiran kedua laptop gaming tersebut sekaligus menjadikannya sebagai laptop gaming tertipis di dunia yang ditenagai oleh GPU NVIDIA GeForce RTX versi terbaru. Dari segi performa, keduanya diotaki oleh prosesor Intel Core i7 generasi ke-8. Selain itu, kedua laptop tersebut juga dibekali dengan berbagai fitur serta teknologi eksklusif seperti NanoEdge Display dan ROG Active Aerodynamic System (AAS).

“Mari sambut kehadiran laptop gaming berbasis GeForce RTX tertipis di dunia,” ujar Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia. “ROG Zephyrus S terbaru merupakan bukti bahwa ASUS sangat berkomitmen menciptakan pengalaman gaming terbaik untuk para gamer melalui inovasi dan teknologi terbaik,” jelas Jimmy menambahkan.

Baik Asus ROG Zephyrus S GX701 maupun GX531 sudah dilengkapi dengan layar kelas gaming dengan resfresh rate hingga 144Hz dan response 3ms. Keunggulan lain yang dimiliki oleh layar kedua laptop tersebut adalah dapat menghadirkan kualitas gambar yang baik karena tingkat reproduksi warna pada color space sRGB yang mencapai 100%. Selain itu, layar tersebut juga sudah mengantongi sertifikasi kalibrasi warna dari Pantone. Berkat hal itu, laptop ini tidak hanya cocok digunakan oleh para gamer, melainkan juga cocok digunakan oleh para profesional yang kreatif.

ASUS ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 generasi baru adalah dua laptop gaming dengan form-factor ultra tipis yang memiliki ketebalan di bawah 2cm. Hal itu tentu sudah memenuhi salah satu persyaratan untuk memasukannya ke dalam kategori ultra book versi Intel. Apabila dibandingkan dengan laptop gaming biasa di kelasnya, laptop gaming baru dari Asus ini memiliki dimensi 40% lebih tipis dan 23% lebih kecil.

Seperti yang sudah dikatakan di awal, Asus ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 dibekali dengan GPU NVIDIA GeForce RTX. GPU dengan arsitektur Turing terbaru tersebut kini sudah bisa digunakan pada perangkat mobile dan berkat penggunaan GPU tersebut membuat Asus ROG menjadi yang pertama yang menggunakannya. Selain menawarkan performa prima, GPU GeForce RTX juga menawarkan akselerasi pada kinerja AI berkat teknologi Tensor Core yang dimilikinya.

Agar kedua laptop tersebut mampu bekerja secara maksimal, maka keduanya diotaki oleh prosesor Intel Core i7-8750H yang telah menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread. Prosesor tersebut memiliki kecepatan hingga 4,1GHz, dengan begitu semua jenis game pasti bisa dimainkan oleh kedua laptop ini. Tidak hanya itu, Asus ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 juga dibekali dengan RAM DDR4 dengan kapasitas hingga 24GB.

Berhubung kedua laptop gaming ini dibekali dengan jeroan yang memiliki performa tinggi, maka sudah wajar jika penggunaan jeroan tersebut akan menimbulkan panas yang berlebih. Untuk mengatasi hal itu, Asus lantas membekali keduanya dengan teknologi pendingin Active Aerocooling System (AAS). Teknologi tersebut mampu membuat bagian bawah laptop terbuka dan mengangkat keseluruhan bodi laptop. Berkat mekanisme tersebut, kedua laptop gaming Asus ini akan memiliki rongga udara ekstra di bagian pendinginnya sehingga pendinginan dapat berjalan lebih optimal.

Pada kesempatan yang sama Asus tidak hanya menghadirkan Asus ROG Zephyrus S generasi terbaru saja, melainkan juga memperkenalkan sebuah laptop mainstream baru untuk gamer di Indonesia yaitu TUF Gaming  FX505DY. Berbeda dengan seri TUF Gaming yang sudah dirilis sebelumnya, TUF Gaming  FX505DY menggunakan kombinasi prosesor AMD Ryzen 5 dan chip grafis Radeon RX560.

 

“Gaming adalah untuk semua dan TUF Gaming  FX505DY merupakan jawaban ASUS untuk semua gamer,” ujar Jimmy. “Tidak hanya tampil dengan performa kencang, TUF Gaming  FX505DY juga merupakan laptop yang sangat tangguh dan sudah mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer. Semua itu dihadirkan dengan harga yang terjangkau,” jelas Jimmy.

Laptop ini mengusung layar IPS berukuran 15,6 inci dengan tingkat resolusi Full HD alias 1920 x 1080 piksel. Menariknya, layar tersebut juga sudah menggunakan tenkologi NanoEdge Display sehingga memiliki ukuran bezel yang sangat tipis, hanya 6,5 milimeter. Hal itu secara otomatis membuat laptop ini memiliki dimensi yang lebih ringkas dari laptop 15 inci kebanyakan.

Menilik performanya, Asus TUF Gaming  FX505DY diotaki oleh prosesor AMD Ryzen 5 3550H. Prosesor dari AMD tersebut memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 3,7GHz. Selain itu, untuk mendukung kinerjanya, prosesor tersebut ditemani oleh GPU AMD Radeon RX560 yang memiliki VRAM sebesar 4GB. Berkat perpaduan tersebut, laptop ini tidak hanya handal untuk bermain game saja, melainkan juga untuk melakukan tugas komputasi berat lainnya.

Untuk mengindari panas berlebih yang ditimbulkan, Asus lantas mengadopsi sistem pendingin khusus yang menggunakan Hypercool Technology. Teknologi pendingin tersebut terdiri dari dua kipas berperforma tinggi serta sistem Anti-Dust Cooling agar debu tidak menumpuk pada heatsink yang dapat menghambat performa pendinginan.

Ketiga laptop gaming baru yang dihadirkan oleh Asus belum lama ini sama-sama menjalankan sistem operasi Windows 10. Sistem operasi tersebut juga dibekali dengan fitur penunjang untuk bermain game seperti Game Mode yang membuat game bisa berjalan dengan lebih lancar. Selain itu, Windows 10 juga mendukung API grafis modern seperti DirectX 12, yang dapat memberikan pengalaman visual terbaik saat bermain game. Tidak hanya itu saja, pada Windows 10 juga terdapat XBOX App yang berfungsi sebagai pusat gaming dan tempat berkumpulnya komunitas gamer serta dapat digunakan sebagai aplikasi untuk melakukan perekaman dan live streaming ketika bermain game.