ASUS Zenfone Max Pro M2

Google+ Comments System bersiap menyaingi Disqus dan Facebook comments

Taufan Prakoso | Featured | 29 Mar, 2012

Kabarnya Google tengah mengembangkan suatu sistem komentar untuk website dari pihak ketiga (third-party sites) yang disebut sebagai Google+ Comments System. Sistem komentar dari si raksasa mesin pencari ini akan menjadi pesaing sistem komentar lainnya yang lebih dulu hadir seperti Disqus dan Facebook comments. Google juga kabarnya menawarkan kepada mereka pemilik website atau blog yang menggunakan Google+ Comments System akan di berikan sistem peng-indeks-an website dengan lebih cepat dan juga lebih baik di halaman SERP (Search Engine Result Page) atau Di halaman pencarian Google. Selain itu, baik visitor ataupun pengunjung juga dapat memberikan +1 pada hasil pencarian sebagai respon bagus atau tidaknya halaman Anda. Dan juga setiap komentar pengguna akan memiliki sebuah URL yang unik.

Pertanyaannya adalah, apakah hal tersebut dapat mempengaruhi layanan penyedia sistem komentar lain yang secara ekslusif telah menyediakan servis berupa comment platform sejak lama, seperti Disqus dan Livefyre yang tengah bersaing dengan Platform Facebook comments. Pengunjung blog dapat meninggalkan sebuah komentar secara mudah tanpa memerlukan login lagi jika sebelumnya pengunjung sudah login pada akun Facebook mereka.

Kekurangan dari sistem komentar Disqus & Facebook

Namun kekurangan dari sistem komentar Disqus dan juga Facebook adalah bahwa komentar-komentar yang dituliskan oleh pengunjung tersebut tidak muncul di halaman SERP (Search Engine Result Page) atau Di halaman pencarian Google. Karena Google terlalu malas atau sengaja untuk tidak mengeindeks nya. Nah, kabarnya Sistem komentar Google+ hadir dengan kemampuan yang lebih baik, feedback atau komentar pengunjung akan di-indeks dan muncul di pencarian secara relevan. Hal ini tentu saja dapat menguntungkan pemiliki blog karena kesempatan untuk tampil di halaman SERP akan lebih baik. Dan tentu hal ini merupakan penawaran khusus dari Google untuk menarik para pemilik web untuk menggunakan layanan komentar Google+.

Sebenarnya persaingan dalam Platform Comment System bukanlah hal yang mudah karena selain bersaing dengan Facebook yang sudah lebih dahulu dan lebih tergolong sukses, Google juga harus bersaing dengan pemain ekslusif lain seperti Livefyre dan Disqus.

Berikut ini adalah contoh tampilan Comment System dari Facebook dan Disqus:

Mengenai Google+ Comment system ini Tim Ngonoo menyambut baik berita ini dan kelak akan berniat untuk mencobanya, tapi bila Google hanya akan mengijinkan pemilik akun Google+ saja yang dapat menuliskan komentar maka hal itu menjadi penghalang bagi webmaster untuk menerapkannya di blog mereka. Saat ini kami menggunakan Facebook comments dan Disqus, tapi.. kita tunggu saja kabar dari Google selanjutnya.

Ngonoo loo..

Author: @taufanXXX

Baca juga: