Foursquare Kini Menggunakan OpenStreetMap

peta baru foursquare

Kalau kalian membuka situs Foursquare, mungkin kalian akan menemukan hal yang berbeda. Ya, tampilan peta Foursquare berbeda dari sebelumnya. Perubahan ini terjadi karena sekarang Foursquare menggunakan data dari OpenStreetMap untuk petanya.

Kita tahu bahwa Foursquare menggunakan Google Maps sejak pertama mereka berdiri. Namun, kebijakan baru Google yang menerapkan bahwa akan ada pembayaran apabila penggunaan Google Maps API melebihi 25000 sehari, rupanya membuat pihak Foursquare melakukan kalkulasi ulang.

Pihak Foursquare mengatakan melalui blog resmi mereka bahwa mereka telah melakukan riset dan percobaan berbagai alternatif peta lain. Saat ini mereka cukup puas dengan data dari OpenStreetMap, jasa dari MapBox dan Leaflet dari CloudMade untuk penggunaan petanya. Walau begitu, aplikasi Foursquare mobile untuk iPhone dan Android masih akan tetap menggunakan Google Maps.

Dengan adanya peralihan ini, nampaknya dalam waktu dekat, para pengguna Foursquare harus melihat petanya dengan lebih teliti. Perbedaan tampilan dan data, bisa-bisa cukup membingungkan.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.