Melihat Statistik Pengunjung Blog Lebih Praktis Dengan Android

Memiliki blog atau website pribadi adalah sebuah kewajiban buat anak gaul jaman sekarang, punya FB dan Twitter aja nggak cukup. Soalnya kamu bisa lebih narsis di blog pribadi kamu daripada di FB dan Twitter. Kalo udah punya blog gitu biasanya pengen tau berapa orang sih yang mengunjungi blog kamu tiap harinya, apalagi kamu-kamu yang cari duit dari blog, wah statistik pengunjung harus dimonitor tiap hari. 

Layanan untuk mengetahui pengunjung blog ada banyak banget, seperti StatCounter, Histats, SiteMeter, Google Analytics, dan masih banyak lagi. Tergantung kesukaan mau pakai yang mana, tapi kalo kamu punya hape Android, saya saranin pake Google Analytics aja. Karena kamu bisa ngecek pengunjung blog dengan aplikasi Android, cara ini jauh lebih praktis daripada kamu buka website Google Analytics dengan browser Android. Karena Google belum menyediakan tampilan khusus untuk mobile browser. 🙁

Ada banyak aplikasi Android untuk mengakses Google Analytics, tapi yang paling saya rekomendasikan adalah gAnalytics. Aplikasinya gratis dan nyaman digunakan, penyajian datanya juga lengkap. Untuk mengakses Google Analytics, aplikasi ini memakai akun Google yang kamu pakai di hape Android, tapi kalo kamu pakai akun berbeda tetep bisa koq, tinggal tambahin akun baru aja.

Berikut beberapa screenshot dari gAnalytics.

Pengen coba? Monggo silakan langsung install dari Google Play Store saja. 🙂

Ngonoo lho..

 

Responses (6)

    1. Di Android jg ada Fennec mas. Browser bawaannya juga bisa buka full website. Tapi rasanya kurang nyaman membuka tampilan full website di layar sekecil itu. Apalagi yang ditampilin data statistik blog. 😀

  1. Ada loh kalo ga salah di Worpdress for Blackberry/iPhone itu ada buat cek trafik kaya gini (ya mungkin sekedar informasi saja). Tapi si wordpress harus menjalankan plugin JetPack, terus nanti di pantau via ponsel.

  2. Ada loh kalo ga salah di Worpdress for Blackberry/iPhone itu ada buat cek trafik kaya gini (ya mungkin sekedar informasi saja). Tapi si wordpress harus menjalankan plugin JetPack, terus nanti di pantau via ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.