ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Mudah Membuat Foto Retro di Android

Wahid Hasan | Teknologi | 24 Mar, 2012

 

Siapa yang tidak iri melihat foto retro yang dibuat dengan Instagram? Orang awam pun bisa mendadak menjadi fotografer yang kelihatan handal kalau sudah pakai Instagram. Foto yang sebenarnya obyeknya sederhana bisa menjadi begitu dramatis ketika mendapat sentuhan efek retro. Nah, buat kamu pengguna hape atau tablet Android tak perlu iri dan dengki, kamu bisa membuat foto retro dengan aplikasi gratisan di Android. Sambil menunggu Instagram for Android yang tak kunjung datang, kali ini Ngonoo.com akan sharing tentang sebuah aplikasi Android untuk membuat foto retro, yaitu Little Photo.

Kenapa Little Photo? Sebenarnya banyak sekali aplikasi untuk membuat foto retro di Android, namun dari penelitian mendalam yang kami lakukan (lebay mode:on), akhirnya kesimpulannya Little Photo adalah aplikasi yang paling mudah digunakan, image effectnya banyak sekali (lebih dari 70 efek), tidak perlu login dahulu ke situs tertentu, navigasi mudah, dan yang terpenting adalah GRATIS. 🙂

Untuk instalasi sangat mudah, buka Play Store. Nah, Google Play Store ini adalah nama baru untuk Android Market. Kalau masih ada yang menggunakan Android Market, berarti belum di update ke Google Play Store. Setelah Play Store terbuka, langsung search dengan kata kunci “Little Photo”. Hasil pencarian akan muncul, dan langsung saja install Little Photo. Waktu yang dibutuhkan tergantung kecepatan koneksi internet.

Jika instalasi berhasil, kamu bisa langsung menjalankan Little Photo.

Start Little Photo di Android

Jika ingin langsung mengambil foto, tinggal tekan gambar kamera atau klik tombol kamera, namun jika kita ingin edit foto yang sudah kita ambil sebelumnya, tinggal tekan kotak di bagian bawah kanan. Selanjutnya kita akan dibawa ke Gallery untuk memilih foto yang akan diedit.

Rotate Foto di Android

Little Photo bisa juga digunakan untuk me-rotate gambar. Tinggal tekan gambar dan akan keluar pilihan rotate. Jangan lupa tekan Aplly sebelum melanjutkan menambahkan efek.

Efek Lomo

Selanjutnya kita akan memberikan efek Lomo, efek yang saya pilih adalah Lomo Film IV.

 Salah satu kehebatan Little Photo adalah kemampuannya untuk menambahkan teks. Tinggal masuk ke menu Tools > Text. Kita bisa mengatur jenis font, ukuran, dan warna huruf sesuai keinginan kita.

Sebelum melangkah ke efek selanjutnya jangan lupa tekan Apply. Pada contoh foto, saya menambahkan efek Instant Film I untuk meletakkan teks.

Langkah terakhir adalah menyimpan foto, tekan menu option hingga muncul pilihan seperti di atas, selanjutnya pilih Save Photo.

Selamat mencoba..