Cara Menutup Akun Pengguna Facebook Yang Sudah Meninggal

Share

Di tulisan terdahulu NGONOO menulis tentang bagaimana cara menutup sementara dan menghapus akun Facebook kita untuk selama-lamanya.

Kali ini kami berbagi info bagaimana jika kita ingin menutup akun Facebook seseorang yang kita kenal, dimana pengguna akun Facebook itu sudah meninggal.

Facebook memberikan dua opsi untuk akun pengguna yang sudah meninggal, dijadikan akun kenangan atau ditutup permanen.

Menjadikan Akun Kenangan

Apabila dijadikan akun kenangan, semua data dan aktifitas akun tersebut akan tetap tampil namun hanya bagi orang-orang tertentu atau keluarga terdekat saja. Terkadang anggota keluarga yang ditinggalkan menginginkan semua data dan aktifitas tetap seperti apa adanya untuk dapat dikenang.

Dengan menjadikan akun kenangan, Facebook akan melindungi akun ini sehingga tidak akan bisa seorang pun masuk atau mempergunakannya.

Jika kamu anggota keluarga atau teman terdekat pemilik akun yang meninggal, bisa meminta Facebook untuk menutup akun ini dan menjadikannya akun kenangan. Apabila sebelumnya akun Facebook kamu terhubung dengan akun Facebooknya sebagai keluarga dekat, proses ini akan lebih mudah. Dengan menyertakan tanggal kematian atau berita kematian pemilik akun, kamu bisa menghubungi Facebook melalui halaman pelaporan ini.

Menghapus Akun Selamanya

Dengan alasan tertentu kamu atau keluarga terdekat dapat meminta Facebook untuk menghapus akun orang yang sudah meninggal ini untuk selamanya dan data serta aktifitasnya di Facebook tidak terlihat lagi.

Permintaan ini hanya dapat dilakukan oleh keluarga terdekat yaitu Ayah/Ibu, Anak, Suami/istri, atau Saudara kandung. Dengan menyertakan dokumen pendukung seperti akta kelahiran dan surat kematian, bisa meminta Facebook untuk menutupnya melalui formulir pelaporan ini.

Apabila tidak ada keluarga inti terdekat, keluarga besar seperti Kakek/Nenek, Paman/Bibi, Cucu atau Keponakan, atau sahabat dekat seperti teman sekerja, perlu disertai dokumen pendukung dari pemerintah setempat seperti RT atau RW.

Demikian, semoga info ini bisa Sahabat NGONOO berikan kepada yang membutuhkan.

NGONOO lho..

Irwan Kartadipura

Full-time blogger, entrepreneur, startup founder & internet marketer. Tinggal di Yogyakarta, sehari-hari mengasuh satu putri dan ngantor di #MALIOME Hackerspace.

You may also like...

3 Responses

  1. Semoga keluarga yang di tinggalkan tetap selalu tabah

  2. Menurut saya, Account Facebook orang2 yang sudah meninggal jangan ditutup… Menutup account mereka sama saja dengan mengubur memori indah tentang mereka. Account Facebook mereka bisa menjadi pengganti album foto yang bisa mengingatkan kembali tentang kebersamaan dan kehangatan bersama almarhum. Siapa tahu pas buka profile Facebook mereka, ada yang teringat kemudian mendoakan. Kan bisa jadi sesuatu yang positif. Terlepas dari opini saya, info ini sangat bermanfaat. Siapa tau ada yang berniat menghapusnya tapi tidak tau caranya dan mereka membaca informasi ini, kan bisa bernilai pahala karena berbagi pengetahuan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *