ASUS Zenfone Max Pro M2

Download Lagu Gratis dan Legal dari Nokia

sofyanr | Featured | 11 Apr, 2012

Beberapa waktu lalu selepas menghadiri acara GeekFest di Bandung saya berkesempatan berkunjung ke kantor pusat Nokia Indonesia. Di sana saya berdiskusi dengan Widi Asmoro (Entertainment Services Manager Nokia Indonesia) tentang perkembangan musik di era digital di Indonesia dan layanan terbaru Nokia untuk pasar Indonesia yaitu Nokia Music. Dengan menggunakan layanan ini, pengguna handphone Nokia bisa mengunduh ribuan lagu musisi Indonesia secara gratis dan legal.

Saya berkesempatan mencoba layanan ini dengan menggunakan handphone Nokia seri Asha, salah satu produk andalan Nokia. Konsumen yang membeli HP seri ini akan mendapatkan akses gratis ke Nokia Music Store, di mana mereka bisa mengunduh lagu yang mereka suka secara gratis dan mendengarkannya kapanpun mereka mau. Ada ribuan lagu yang sudah tersedia dan siap diunduh.

Lagu yang telah diunduh bebas dari mekasnisme proteksi lagu (DRM). Jika Anda terbiasa dengan iTunes Store di Apple, kualitas suara di Nokia Music sedikit lebih rendah. Hal ini dikompensasikan dengan ukuran file yang jauh lebih kecil, bisa mencapai tiga sampai empat kali lebih kecil. Maka tidak heran jika proses download lagu menjadi jauh lebih cepat. Jika menginginkan kualitas file lebih bagus, bisa mengunduh menggunakan PC Windows.

Cara mengunduh lagu di Nokia Music juga relatif lebih mudah. Cukup mengakses menu “Music” dari ponsel dan selanjutnya kita bisa memilih lagu apa saja yang bisa di download. Selama uji coba download menggunakan Nokia Asha 303, saya berhasil mendownload sebuah lagu kurang dari 2 menit menggunakan koneksi broadband 3,5G.

Navigasi untuk mencari lagu juga cukup mudah. Lewat aplikasi bawaan yang ada, saya bisa memilih lagu berdasarkan GENRE, ARTIS, ALBUM atau berdasarkan rekomendasi dengan mudah. Cukup beberapa klik saya sudah bisa menemukan lagu yang saya inginkan. Selama uji coba menggunakan aplikasi bawaan Nokia Music di ponsel, saya berhasil mengunduh album lengkap Kla, Slank, NAIF, Dewa 19, Warkop DKI dengan lengkap. Selama 2 jam saya berhasil mendownload lebih dari 30 lagu.

Jika kita mengamati secara sepintas, apa yang dilakukan Nokia mirip dengan Apple ketika awal memperkenalkan iTunes + iPod. Mereka sama-sama melakukan bundling unduh lagu dan gadget. Bedanya, pengguna akan mendapatkan gratis selama 6 bulan tanpa biaya tambahan.

Nokia memang bukan satu-satunya vendor yang menawarkan layanan download musik. Tapi saya melhat Nokia mempunyai peluang yang cukup besar menjadi salah satu yang terdepan di Indonesia. Strategi bundling gadget, jumlah koleksi lagu, proses unduh lagu yang mudah menjadi senjata kuncinya.

Secara keseluruhan, Nokia Music sangat menarik untuk di coba. Salah satu kekurangan yang sangat mengganggu bagi saya adalah masih minimnya dukungan gadget. Saat ini hanya gadget seri tertentu yang bisa digunakan untuk menggunakan layanan ini. Itu artinya, saya harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli gadget baru agar bisa menikmati layanan ini. Kita tunggu apa yang akan dilakukan Nokia untuk mengatasi masalah ini. Apakah tetap menempatkan layanan musik store secara ekslusif atau memperbaruinya agar akses ke layanan ini jadi lebih luas