ASUS Zenfone Max Pro M2

2 Hal Tentang Mention Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Taufiq Hasan | Hiburan | 06 Jul, 2012

Twitter udah sejak tahun 2006 berdiri dan dalam waktu 6 tahun tentu banyak banget perkembangannya, termasuk penggunanya yang sekarang udah 140 juta lebih dan terus bertambah. Indonesia sendiri jadi salah satu penyumbang tweet terbanyak di Twitter, tapi mungkin banyak dari pengguna Twitter di Indonesia yang belum tahu hal-hal kecil tentang tweet.

Saya cuma mau bahas 2 hal perihal tweet, lebih khusus lagi masalah mention aja :). Definisi mention resmi dari Twitter : “A mention is any Twitter update that contains “@username” anywhere in the body of the Tweet”. Pokoknya mention itu ketika kita nulis username orang diawali dengan tanda “@” dalam sebuah tweet, dan tweet tersebut akan masuk dalam tab “Mentions” akun yang bersangkutan (yang dimention).

1. Mention di awal beda dengan mention di tengah tweet

Lah, bedanya apa? Kalo dilihat dari sudut pandang kamu dan orang yang kamu mention jelas sama aja, orang yang kamu mention tetep tahu. Yang beda adalah dari sudut pandang follower kamu, mention di awal tweet nggak akan muncul di timeline follower kamu kalo follower kamu nggak follow orang yang kamu mention. Mention di tengah tweet tetep akan muncul di timeline follower kamu. 🙂

Jadi jangan khawatir kalo kamu bales-balesan mention sama temen kamu, asal follower kamu nggak follow temen kamu itu niscaya tweet kamu nggak bakal terlihat oleh follower kamu. Etapi ada tapinya, semua tweet kamu tetep kelihatan di halaman profil kamu.

2. Mention biasa beda dengan reply

Nah ini yang sering kelupaan, saya sering banget lihat orang bales-balesan tweet dengan RT. Orang bales tweet temennya dengan isi “Iyaah, aku juga nggak begitu ngerti sama kamuuh RT @rasarab: @gojeg Betapa sulitnya aku mengerti kamu. (╮°-°)╮┳━┳ (╯°□°)╯ ┻━┻”. Dan tweet macam itu makin panjang seiring panjangnya percakapan :|. Ingat poin 1 di atas, mention di tengah tweet akan selalu muncul di timeline follower kamu yang tidak tahu apa-apa.

Reply adalah fasilitas yang disediakan Twitter agar percakapan via mention lebih nyaman, keuntungan pertama adalah follower kamu nggak bakal terganggu biarpun kamu ngobrol panjang lebar via mention. Kedua, semua percakapan bisa dilihat lagi, karena semua reply selalu terhubung dengan reply-reply sebelumnya, namanya conversation. Kalo di Twitter atau di aplikasi klien tinggal klik “show conversation” atau “view conversation“.

Sebuah reply tetep beda dengan mention di awal tweet, mention di awal tweet tetep nggak bisa dilihat conversation log-nya. Jadiii.. selalu pake tombol “reply” untuk bercakap-cakap lewat mention.

Ngonoo lho..

Tetep salam olah raga!