Apple iPad Mini Mulai Dipasarkan 26 Oktober 2012

Hari ini 23 Oktober 2012 Apple sudah secara resmi merilis Apple iPad Mini yang selama ini masih menjadi rumor dikalangan pecinta gadget dunia. Mulai dari bocor-nya penampakan iPad Mini di China sampai beberapa media mendapat undangan sebuah event-nya Apple yang meski tidak disebutkan dapat dipastikan diantarnya peluncuran iPad Mini.

Selain merilis iPad Mini, pada acara ini juga memperkenalkan produk baru lainnya seperti MacBook Pro 13 inchi Retina dan juga iMac generasi ke-8. Semua produk baru ini ditampilkan serba kecil serba tipis.

Berikut ukuran iPad Mini (7,9″) dibandingkan dengan iPad generasi terbaru (9,7″). Ternyata ukurannya cuma dibolak-balik ya bero. Kalo saya sih melihatnya justru seperti iPhone 4S dengan ukuran besar.

Kembali ke iPad Mini, ukurannya adalah 7,9 inchi, sedikit lebih besar dari tablet kebanyakan yang biasanya memiliki ukuran 7 inchi. Dengan ukuran ini serta resolusi yang sama dengan iPad 2 yaitu 1024 x 768, Apple mengklaim bahwa 275.000 aplikasi yang biasa dijalankan di iPad akan juga nyaman di iPad Mini.

Apple menggadang-gadang inilah keunggulan iPad Mini, dimana aplikasi-nya memang didesain untuk ukuran tablet dari pada tablet Android yang hanya memaksakan aplikasinya berjalan dari ukuran asli versi smartphone-nya. Apple tidak menyebutkan secara spesifik tablet Android yang dimaksud, tapi kita semua tahu lah pesaing Apple itu siapa. Hahihi..

Selama ini yang kita tahu bahwa pesaing Apple adalah Samsung (Android), baik itu di produk smartphone iPhone 5 vs Galaxy S3 dan di produk tablet iPad vs Galaxy Tab. Tetapi sebenarnya pesaing Apple terbesar di tablet adalah Amazon Kindle Fire, tablet android yang memiliki pasar lebih besar (54%) dari tablet Samsung (23%).

Maka hadirnya iPad Mini ini diyakini upaya Apple untuk membendung dominasi Kindle Fire di ranah tablet 7 inchi, dengan memberikan perbedaan dengan ukuran sedikit lebih besar.

Apple juga mengatakan bahwa ‘tablet lain’ masih lebih tebal, lebih berat dan terbuat dari plastik, sedangkan produk-nya Apple bisa lebih tepis dan lebih ringan meskipun terbuat dari alumunium.

Berikut spesifikasi utama Apple iPad Mini:

  • Chip A5
  • Teknologi Retina Display
  • Resolusi 1024 x 768
  • Ukuran 7,9 inchi
  • Ketebalan 7.2mm, lebih tipis dari iPad
  • Ketahanan Batrey 10 jam
  • Warna Hitam dan Putih
  • Kamera belakang 5 Mega Pixel
  • Tersedia model LTE

iPad Mini yang juga lebih tipis dari iPad generasi terbaru ini dibandrol mulai harga $329 untuk 16G dan $459 untuk 16G + WIFI.  Akan mulai tersedia minggu ini, 26 Oktober 2012 dan versi WIFI mulai 2 November 2012.

Responses (6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.