Mengingatkan Aja Sih: Panduan Memilih Password

Panduan Memilih Password

Menurut pepatah Sunda, ada 4 hal yang merupakan rahasia Tuhan: Jodo, Pati, Bagja, Cilaka. Yaitu Jodoh, Kematian, Kebahagiaan, dan Musibah. Hanya Tuhan yang tahu. Namun ada satu rahasia yang seharusnya hanya Tuhan dan kamu yang tahu, yaitu: Password.

Namanya juga password, tujuannya adalah supaya orang lain selain kamu tidak dapat membuka, mengakses dan mengetahui isinya. Password ini mulai lazim ketika teknologi komputer ada.

Namun banyak cerita akun yang berhasil dibobol karena passwordnya dapat dibuka. Jangankan akun pribadi kita di internet, situs raksasa sekelas Twitter, Foursquare, Flickr, LinkedIn pun tak luput ditembus peretas. Sudah pasti pengamanan mereka bukan hanya password tapi juga fasilitas pengamanan tambahan lainnya.

Sesungguhnya dalam banyak kasus, sebuah password berhasil dibongkar bukan karena heker-nya pinter sih, tapi karena password-nya memang tidak kuat dan tidak pantas menyandang predikat sebagai password. Mudah ditebak.

Seberapa sulit dan memakan berapa lama sih sebuah password bisa dibongkar?

Jika panjang karakter adalah salah satu parameternya, ini menurut pakar keamanan internet:

  • Password 6 karakter – huruf kecil saja: 10 menit, huruf kecil dan besar: 10 jam, huruf kecil, huruf besar, angka dan simbol: 18 hari.
  • Password 7 karakter – huruf kecil saja: 4 jam, huruf kecil dan besar: 23 hari, huruf kecil, huruf besar, angka dan simbol: 4 tahun.
  • Password 8 karakter – huruf kecil saja: 4 hari, huruf kecil dan besar: 3 tahun, huruf kecil, huruf besar, angka dan simbol: 463 tahun.
  • Password 9 karakter – huruf kecil saja: 4 bulan, huruf kecil dan besar: 178 tahun, huruf kecil, huruf besar, angka dan simbol: 44.530 tahun.

Sebenarnya bagaimana sih membuat password yang kuat? Tips berikut bisa jadi sudah umum dan seringkali direkomendasikan, namun masih sering kita mengabaikannya. Maka kali ini NGONOO coba mengingatkan kembali.

Tips Memilih Password

  1. Minimal 15 karakter, makin panjang makin disukai kuat.
  2. Terdapat huruf besar.
  3. Terdapat huruf kecil.
  4. Terdapat angka.
  5. Terdapat simbol seperti ~ ! @ # $ % ^ & dan lain-lain.
  6. Tidak sama dengan password yang pernah dipakai sebelumnya. Artinya, move on!
  7. Tidak memakai Nama kamu. Err… (҂ ˘˘̯)/
  8. Tidak memakai Username kamu (yang password-nya sama dengan username pasti bukan Sahabat NGONOO).
  9. Tidak memakai nama teman kamu.
  10. Tidak memakai nama anggota keluarga kamu. Orang tua biasanya banyak yang pakai nama anaknya.
  11. Tidak memakai kata yang ada di kamus.
  12. Tidak memakai nama atau merk yang populer. Seperti facebook, apple, samsung, android, toyota, dll.
  13. Tidak memakai pola keyboard.Seperti qwerty, asdfghjkl, atau 1234567890.

Namun password yang kuat juga bisa menjadi pedang bermata dua. Saking kuat-nya bahkan kita sendiri pun susah mengingatnya dan alhasil gak pernah bisa login ke akun sendiri bahkan sampe jaman gajah bisa terbang sekalipun.

Jika kamu termasuk kelompok orang yang rajin klik tautan ‘Lupa Password?’ atau ‘Forget Password?’ atau ‘Can’t Login?’ atau semacamnya setiap kali mau login, maka saatnya memakai bantuan layanan pengingat password atau aplikasi pengelola password. NGONOO akan membahas beberapa aplikasi pengelolaan password ini ditulisan berikutnya.

Sekali lagi, yang terpenting adalah jangan sampai juga lupa master password atau password utama dari aplikasi ini. Sebab nanti akan jadi #rauwisuwis lagi.

Gambar: http://rapidpurple.com 

Responses (2)

  1. sebenarnya paling efektif itu password yg panjang berupa kalimat karena selain termasuk strong password juga mudah diingat seperti secara personal  “NamaSayaMarkonahSayaBerumur17TahunTinggalDiRt4Rw7KodePos67623” dll, syng bbrp aplikasi membatasi panjang password

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.