ASUS Zenfone Max Pro M2

Bagaimana Membuat Password Yang Baik dan Benar Biar Aman

Radityo | Tip & Trik | 18 Mar, 2014

Mungkin dari sekian banyak pembaca setia Ngonoo, salah satu dari kalian pernah mengalami akunnya di hack oleh orang iseng, baik itu akun email maupun akun sosial media yang lainnya. Dan kebanyakan dari kalian biasanya menggunakan password yang sama untuk semua akun tersebut dan passwordnyapun biasanya berhubungan dengan sesuatu yang mudah kalian ingat.

Hal ini sebenarnya menjadi sasaran empuk oleh para hacker, jadi kalian harus hati-hati guys. 

Untuk mencegah akun kalian dihack, sebenarnya kalian bisa melakukan beberapa tips berikut ini guys. Monggo disimak.

1. Buatlah password yang panjang.

Buat sebagian situs pada umumnya memberikan rekomendasi password minimum hanya 8 karakter saja, namun kalian bisa membuat password lebih dari 8 karakter apabila hal tersebut dimungkinkan oleh situs tersebut. Semakin panjang password maka akan semakin aman akun kalian.

2. Gunakan kombinasi antara huruf dan angka.

Seperti yang kita ketahui kalau bahasa anak alay adalah kombinasi antara huruf dan angka. Ternyata hal ini sangat bermanfaat untuk memproteksi akun kita apabila dijadikan sebagai password. Selain kombinasi huruf dan angka, kalian juga bisa membuat kombinasi huruf besar dan kecil agar lebih aman. Sebagai contohnya yaitu “M4s4b0d0H, g4LuND3Ng dan lain sebagainya.

3. Hindari kata yang mudah ditebak.

Banyak dari kalian yang menggunakan password dengan menggunakan beberapa kata yang mudah untuk ditebak, seperti kata pasangan kalian, tanggal lahir, tempat lahir, tanggal pernikahan maupun kata-kata personal yang lainnya. Hal ini tentu sangat riskan, karena hacker biasanya akan mengulik data pribadi anda dulu untuk mencoba membuka akun anda.

4. Gunakan password yang berbeda antara akun yang satu dengan akun yang lain.

Sebagian besar dari kalian pasti memberikan password yang sama untuk beberapa akun kalian. Karena dengan begitu kalian akan mudah mengingatnya, satu password untuk beberapa akun. Namun apabila hacker sudah bisa membobol satu akun anda dan ingin membobol akun anda yang lain, maka hal tersebut akan sangat mudah dilakukan karena passwordnya sama. Jadi kalian bisa memberikan password yang berbeda untuk tiap akun agar lebih aman.

Berikut merupakan beberapa tips yang bisa kami berikan buat kalian guys, semoga tips dari kami tersebut bisa berguna bagi kehidupan bangsa dan negara dan juga tentunya buat kehidupan kalian.