Waspada Modus Penipuan Berbasis Web Abal-abal

TELKOMSELpoin1 Waspada Modus Penipuan Berbasis Web Abal-abal

Jadi gini, semakin canggih suatu teknologi biasanya menghasilkan kemudahan bagi penggunanya, termasuk dalam hal teknologi website. Jaman sekarang bikin website bukanlah hal yang menakjubkan, bahkan website dengan tampilan antarmuka yang cetar membahahahana pun bisa dibikin dalam waktu beberapa menit. Layanan pembuatan website/blog gratisan menawarkan fitur yang lengkap dan itu tadi, gampang dipakai sehingga hampir semua orang bisa membuat website dengan cepat.

Namun kemudahan ini jadi berbahaya kalo berada di tangan orang jahat, mereka manfaatin layanan pembuatan website gratisan ini untuk menipu orang lain, biasanya buat meyakinkan korban agar percaya dengan SMS yang dikirim. Kasus yang belum lama ini terjadi adalah penipuan Telkomsel Poin yang pelakunya juga menggunakan website.

Perhatikan contoh website ini!

Sekilas website itu tampak meyakinkan, tapi lihat lagi nama domainnya http://www-telkomsel-poin.blogspot.com/, website ini dibuat dengan Blogger, layanan pembuatan blog yang udah lama berdiri. Selain itu masih ada banyak website abal-abal yang mengatasnamakan Telkomsel Poin.

TELKOMSELpoin-DAFTAR PEMENANG

Website kayak gitu dibuat untuk mendukung SMS yang dikirim si penipu kepada para korban yang biasanya cuma gitu-gitu aja sih. Mungkin si penipu berharap si korban bakal mikir “Woow, adak websitenyaaa..ini pastik beneran!” gitu kalik.

MicroMsg635016297231540000

Buat memastikan itu beneran atau nggak beneran bisa dicek cuma dengan satu hal, yaitu alamat websitenya, websitenya Telkomsel ya cuma telkomsel.com, nggak ada yang pake embel-embel blogspot.com, wordpress.com, webs.com, tumblr.com apalagi ngonoo.com.

Ini contoh pengumuman yang asli dan resmi dari Telkomsel:

Telkomsel

http://www.telkomsel.com/about/news/905-telkomsel-umumkan-pemenang-mini-cooper-di-program-telkomsel-17th-anniversary-periode-2.html

Keliatan bedanya kan? Pokoknya kalo ada SMS semacam itu yang nyuruh buka suatu website yang nggak resmi itu berarti jelas penipuan.

Tetap gesit dan waspada dengan para peniup yang suka niup orang baik kayak kita!

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 287
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

11 thoughts on “Waspada Modus Penipuan Berbasis Web Abal-abal”

    1. waduh. blogspot itu digratiskan untuk menyajikan info info serius dan bermanfaat bagi pembaca kok malah disalahgunakan untuk informasi abal abal dan menipu.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *