Waspada Modus Penipuan Berbasis Web Abal-abal

Share

Jadi gini, semakin canggih suatu teknologi biasanya menghasilkan kemudahan bagi penggunanya, termasuk dalam hal teknologi website. Jaman sekarang bikin website bukanlah hal yang menakjubkan, bahkan website dengan tampilan antarmuka yang cetar membahahahana pun bisa dibikin dalam waktu beberapa menit. Layanan pembuatan website/blog gratisan menawarkan fitur yang lengkap dan itu tadi, gampang dipakai sehingga hampir semua orang bisa membuat website dengan cepat.

Namun kemudahan ini jadi berbahaya kalo berada di tangan orang jahat, mereka manfaatin layanan pembuatan website gratisan ini untuk menipu orang lain, biasanya buat meyakinkan korban agar percaya dengan SMS yang dikirim. Kasus yang belum lama ini terjadi adalah penipuan Telkomsel Poin yang pelakunya juga menggunakan website.

Perhatikan contoh website ini!

Sekilas website itu tampak meyakinkan, tapi lihat lagi nama domainnya https://www-telkomsel-poin.blogspot.com/, website ini dibuat dengan Blogger, layanan pembuatan blog yang udah lama berdiri. Selain itu masih ada banyak website abal-abal yang mengatasnamakan Telkomsel Poin.

TELKOMSELpoin-DAFTAR PEMENANG

Website kayak gitu dibuat untuk mendukung SMS yang dikirim si penipu kepada para korban yang biasanya cuma gitu-gitu aja sih. Mungkin si penipu berharap si korban bakal mikir “Woow, adak websitenyaaa..ini pastik beneran!” gitu kalik.

MicroMsg635016297231540000

Buat memastikan itu beneran atau nggak beneran bisa dicek cuma dengan satu hal, yaitu alamat websitenya, websitenya Telkomsel ya cuma telkomsel.com, nggak ada yang pake embel-embel blogspot.com, wordpress.com, webs.com, tumblr.com apalagi ngonoo.com.

Ini contoh pengumuman yang asli dan resmi dari Telkomsel:

Telkomsel

https://www.telkomsel.com/about/news/905-telkomsel-umumkan-pemenang-mini-cooper-di-program-telkomsel-17th-anniversary-periode-2.html

Keliatan bedanya kan? Pokoknya kalo ada SMS semacam itu yang nyuruh buka suatu website yang nggak resmi itu berarti jelas penipuan.

Tetap gesit dan waspada dengan para peniup yang suka niup orang baik kayak kita!

Taufiq Hasan

Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

You may also like...

11 Responses

  1. Siti Julaeha says:

    Bener ⪪ªηǤ³³ε† ini. Baru aja td pagi bpk saya dpt sms spt itu. Tp sdh saya blg itu pasti penipuan. Bermanfaat skali info'y..

  2. Ahmad Rofik says:

    Mantabb amy…….

  3. Aida Taib says:

    siip infonya…hari gini emang pda nyari duit menghalalkan sgla cara….urat malu + iman = O

  4. Afit Husni K says:

    bener banget euy!

  5. Taufiq Hasan says:

    Harus waspada inik!

  6. Rifqi Alfian says:

    kudu ati ati ..

  7. Charlie NumberSeven says:

    Wajib disosialisasikan inik!

    • waduh. blogspot itu digratiskan untuk menyajikan info info serius dan bermanfaat bagi pembaca kok malah disalahgunakan untuk informasi abal abal dan menipu.

  8. Murdani Eko says:

    Dengan Semangat Hari Kartini, Kita Sukseskan Sosialisasi Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penipuan Berbasis Web Abal-abal

  9. IQbal Khan says:

    Harus makin hati hati ini

  10. IQbal Khan says:

    Harus makin hati hati ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *