Cara Memakai dan Memahami Dunia Twitter

Wow, sekarang pas banget udah masuk ke awal bulan mei, tapi masih banyak para pemakai twitter yang nggak ngerti gimana cara make social media yang satu ini.

Sebenernya sama sekali nggak ada yang rumit dari cara pemakaian Twitter, malah justru lebih simpel. Asal paham cara pake fitur yang di sediain beserta orientasi dasarnya. Nah, karena kalian udah buka NGONOO, situs anti-gaptek seantero google serta mampir baca tulisan gue ini, udah gak ada alesan lagi buat kalian untuk nggak ngebuka mata dan tetep jadi gaptek.

1.Introduction

Twitter memang salah satu social media yang agak lain dari yang lain. Di Twitter, kita “di wajibkan” untuk ngeshare informasi dengan batasan 140 karakter. Di mana orientasi istilah dasar dari “Tweet” sendiri itu berarti “berkicau”, dan bukan “UPDATE STATUS” seperti layaknya facebook. Dan itu juga alesannya kenapa Twitter pake lambang burung biru.

Ketika kita ngomongin soal Twitter, kita juga berbicara soal broadcast. Yap bener, menyiarkan.

Nah, setiap kicauan kita itu aslinya di harapkan bisa ngasih informasi yang cukup useful buat yang liat timeline kita, jadi nggak kayak status facebook yang biasanya berisi : “Laper nih”, “Eh gue baru putus loh”, dan semacemnya.

Inget ya, bukannya nggak boleh nge-tweet kayak gitu, itu cuma orientasi dasar :]

Dan di twitter, kalian bakal sering ngedenger satu istilah “Timeline”, hampir mirip sama arti homepage gitu sik. Jadi si Timeline ini adalah wadah di mana semua tweet, retweet, dan mention kalian bermuara. Ciyeelah bermuara.

Khusus buat kalian yang rajin NGE-GALAU, sekedar tips aja sik : Kalo di twitter, bergalaulah yang berkualitas. Biasanya sih cewek-cewek yang paling pinter buat bikin pencitraan galau nya biar jadi lebih “hidup”.

Alah galau aja ribet, ngapain sih gitu-gitu segala? Ya biar nggak ngebosenin, dan pastinya bisa aja malah nambah followers :]

2.Kenapa harus 140 Karakter ?

Gue nggak tau.

Serius, gue juga nggak ngerti kenapa harus 140. Tapi yang pasti, pembatasan 140 karakter itu maksudnya biar kita nggak over-typing, jadi nggak perlu nulis kalimat/kata yang sebenernya gak begitu penting dan berkesan terlalu panjang.

Jadi, kalo masih ada user yang nekat nulis lebih dari 140 karakter, apalagi sekarang ada third-party application yang namanya Writelonger alias penambah kapasitas karakter nge-tweet, ya nggak papa juga sik. Peraturan di buat untuk dilanggar.

Cuma ya kesel aja kadang.

3.Rules and Feature

Nah masalah ini nih yang biasanya suka ketuker-tuker, soal fitur !  Di twitter, ada beberapa fitur : Mention/Reply (@), RETWEET, dan Direct Message (DM).

Berikut gue jelasin bedanya :

Mention (@)

Mention di pake ketika kita mau nge-reply atau ngebales tweet seseorang.

Normalnya, setiap mention NGGAK BAKAL kebaca sama followers kamu, kecuali si followers nge-follow akun yang kamu mention tadi.

Tapi juga dengan satu catetan, nulis karakter “@” -nya harus di awal penulisan tweet, kalo kamu nulis “@” nya di tengah atau terakhir, tetep bisa di lihat sama followers kamu walaupun dia nggak follow akun yang kamu mention. Got it?

RETWEET ( RT)

Retweet adalah salah satu fitur yang paling banyak di salah fungsiin sama kebanyakan Twitter user.

Sesuai namanya, RETWEET berasal dari dua kata : Re- (kembali), dan Tweet. Jadi intinya, Retweet di pake ketika kamu mau mem-publish ulang tweet yang kamu RT tadi, biar semua followers kamu bisa ikut baca tweet dari akun yang kamu RT tadi, karena/tapi dia nggak follow.

Jadi yang perlu di tekankan di sini adalah, RT BUKAN FITUR BUAT NGOBROL DAN BALES-BALESAN MENTION. Karena semua yang kamu retweet PASTI muncul di timeline followers kamu. Iya kalo RT-an kamu penting, kalo nggak? Bisa berkesan ngganggu dan spamming. Ujungnya, ya kamu di unfollow.

So, please use Mention of DM instead .

Direct Message ( DM )

Nah sesuai namanya lagi, Direct Message berarti pesan langsung. Kalo di Twitter, biasanya di pake buat ngasih informasi yang cenderung private kayak nomer hape, pin BB, dll.

Yang jelas, DM hanya bisa di pake kalo kalian saling follow. Of course, yang bisa baca DM antar kalian ya cuma kalian, nggak bakal muncul di timeline, apalagi di search result.

Dan sebenernya, cara ngobrol yang paling di sarankan ya lewat DM ini. Nggak ada timeline yang terganggu, informasi dapet, semuanya happy.

4. Jadi harusnya Twitter gue pake buat apa dong ?

Sebenernya sama sekali nggak ada peraturan yang absolut. Cuman, alangkah baiknya kalo kita bisa make suatu social media yang emang sesuai dengan dasar purpose-nya, iya nggak sih? Nggak juga ah.

So, Twitter bakalan pas buat kalian yang lagi :

1. Pengen nge-bangun channel/link, nyari temen dan lingkup baru.

2. Nyari berita secepat dan se-aktual mungkin. Karena di Twitter, sepersekian detik kemudian pun berita udah ter-update, jauh lebih cepet ketimbang televisi. Tapi ya lo harus follow beberapa akun yang nge-tweet berita dong pastinya. Perlu di inget juga, di twitter, kamu lah yang jadi filter dan penentu sumber beritanya, jadi musti agak ati-ati juga kalo dapet informasi :]

3. Pencitraan. Maksudnya adalah, semua orang bebas untuk gak jadi diri sendiri di dunia maya :]

4. Online shop dan Marketing. Iya lah, dengan kapasitas ribuan followers yang bisa kamu kumpulin setiap harinya, dagangan kamu pasti bisa cepet laku.

So, sekarang udah ngerti kan? Bilang makasih dong sama gueh.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.