Cara Ngompres Gambar Biar Nggak Kegedean di Mac OS X

Ini ubkan masalah gambar kepanasan trus dikompres, tapi ini masalah gambar yang ukuranannya kegedean pas mau diupload ke jejaring sosial atau layanan apa pun itu. Ngompres gambar juga bukan berarti ngecilin dimensinya, tapi ngompres gambar itu menurunkan kualitasnya. Jadinya kalo ada gambar berdimensi 4000 px kali 3000px ya nggak berubah.

Kalo kamu pake Mac OS X, kamu bisa ngompres gambar tanpa bantuan aplikasi dari luar. Cukup aplikasi bawaan yang namanya Preview itu.

Trus caranya ngompreas gambar begini, pertama-tama kamu harus punya gambarnya berwujud digital, gambar yang udah dicetak nggak bisa dikompres. Nah, kalo Macnya bisa pinjem temen sih.

Kalo udah ikutin caranya berikut ini:
1. Buka gambar dengan Preview, klik dua kali aja udah otomatis buka.

2. Nggak usah diapa-apain, langsung simpen gambarnya, File-> Save As…

kompres-gambar-1

3. Habis itu turunin kualitasnya, sampe kira-kira ukuran gambarnya pas buat kamu.

kompres-gambar-2

4. Kasih nama yang beda dari file aslinya, trus simpen. Ukurannya jadi jauh lebih kecil tuh.

kompres-gambar-3-1

Itu dari bermega-mega jadi tinggal berkilokilo saja kan. 🙂

Gambar: girl with ice bag via Shutterstock

Responses (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.