Tips Membuat Password Aman Buat Akun Online

“Duh, Facebookku dihek! Aaak..”, kalimat semacam itu sering saya dengar baik online maupun offline. Ada juga yang minta tolong buat balikin akunnya yang dihek, atau ada juga yang minta tolong ngehekin akun orang lain. Duh, kayaknya masalah kayak gini akarnya cuma dari penggunaan password yang kurang aman, jadinya gampang ditebak sama orang iseng.

Ini pengalaman beneran, temen saya pernah masuk ke akun Facebook temennya hanya dengan menebak passwordnya, dan itu nggak cuma satu orang, dia berhasil masuk ke akun beberapa orang temennya dengan cara yang sama. Wah, berarti masih banyak dari masyarakat pengguna internet Indonesia yang masih pake password yang kurang sip. Kemaren Tim NGONOO juga udah nulis cpntoh 25 password yang buruk buat keamanan akun online.

Maka dari itu Tim NGONOO ingin berbagi tips gimana caranya bikin password yang aman dan mudah diingat. Simak tipsnya berikut ini:

1. Gunakan kombinasi huruf besar kecil tua muda kakek nenek, karakter kayak !@#$% trus jangan terlalu pendek, kalo saran saya sih password harus panjang minimal 10 karakter.

2. Silakan gunakan nama pacar, tanggal lahir, nama sendiri, dan sebagainya, asal pakai kombinasi yang sudah dijelaskan di poin satu. Misal nih, saya lahir 23 Agustus 1932, maka password saya bisa Du4puLUhT!g4A6ustu$1000/900.30:2. Meskipun orang tau tanggal lahir kamu, tapi dia nggak akan mengira password kamu sealay itu.

3. Misalnya tetep nggak mau pake passwoed yang berhubuungan degnan kehidupan kamu, silakan pake pola keyboard. Keyboard biasanya pake layout QWERTY kan? Mau di komputer atau di hape, kamu tetep pake layout yang sama. Nah, manfaatkan itu untuk membuat passowrd dengan sebuah pola yang gampang diingat. Gini contohnya:

shutterstock_77116051

Dengan pola di atas saya bisa dapet password: 1qaz2wsxcvbnm3456, saya cek dengan passwordmeter.com hasilnya luamayan koq.

passwordmeter

Password seperti ini kemungkinan kecil tertebak, tapi masih bisa dihajar dengan brute force attack (serangan brutal), orang juga males meluangkan waktu buat ngelakuin ini kalo cuma buat masuk ke akun Facebook. 😐

Semua tips di atas akan batal kalo kamu punya kebiasaan meninggalkan komputer umum tanpa me-logout akun terlebih dahulu. 🙂

gambar: typewriter & password via Shutterstock

Taufiq Hasan

Taufiq Hasan

Total posts created: 294
Blogger dengan badan besar, paha besar dan kempol besar. Bisa menulis dengan sebelas jari, sedikit menulis kode, lebih banyak menulis artikel dan status Facebook.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *