ASUS Zenfone Max Pro M2

Tips Menghemat Baterai Smartphone

Radityo | Tip & Trik | 25 Mar, 2014

Seperti yang kita ketahui bahwa smartphone memang membutuhkan banyak daya baterai agar bisa dioperasikan secara maksimal. Hal ini berkaitan dengan banyaknya aplikasi yang berjalan setiap saat , seperti media sosial, media chatting, game dan aplikasi –aplikasi yang lain.

Untuk menjalankan aplikasi yang ada di smartphone memang membutuhkan banyak tenaga baterai dan mungkin terkadang kamu pernah merasa sebel karena harus mengisi ulang daya baterai dalam jarak waktu yang singkat. 

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu praktekan agar daya tahan baterai smartphone kamu menjadi lebih hemat, berikut cara-caranya :

1. Redupkan layar smartphone.

Kamu bisa menyeting tingkat kecerahan layar smartphone dengan masuk ke menu “setting” lalu atur  tingkat brightness (kecerahan) ke level rendah. Apabila tingkat brightness terlalu tinggi maka baterai akan cepat habis.

2.Matikan fungsi getar dan atur tingkat volume.

Ternyata baterai membutuhkan banyak tenaga apabila fungsi getar pada smartphone diaktifkan. Fungsi getar ini biasanya diaktifkan pada saat menu profil “silent” dipilih. Mungkin banyak dari kamu yang menganggap bahwa baterai akan lebih hemat jika hanya mengaktifkan fungsi getar daripada mengaktifkan fungsi ringtone biasa, tapi ternyata hal tersebut keliru. Kamu juga bisa mengatur tingkat volume agar tidak terlalu keras, karena jika terlalu keras maka daya tahan baterai juga akan cepat habis.

3. Menutup aplikasi yang tidak diperlukan.

Aplikasi yang berjalan secara bersamaan tentunya akan menguras daya baterai smartphone kamu, hal ini tentu akan mengakibatkan daya baterai cepat habis, oleh karena itu alangkah baiknya jika kamu mematikan aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi.

4. Gunakan headphone saat mendengarkan musik atau melihat video.

Buat kamu yang hobby mendengarkan musik atau melihat video lewat smartphone kamu alangkah baiknya jika kamu menggunakan headphone agar daya tahan baterai smartphone kamu menjadi awet. Apabila kamu tidak menggunakan headphone maka daya tahan baterai akan cepat habis karena baterai akan bekerja penuh untuk mengeluarkan suara dari musik atau video yang kamu putar.

5. Jangan dan Hindari streaming.

Baik streaming untuk mendengarkan mp3 atau untuk melihat video dari internet membutuhkan banyak sekali tenaga baterai, jika kamu hobby streaming menggunakan smartphone maka dapat dipastikan daya baterai smartphone kamu akan cepat habis, maka bijak-bijaklah dalam streaming.

6. Matikan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi apabila sudah tidak digunakan.

Jika kamu sering menggunakan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi maka kamu harus mematikan koneksi tersebut apabila sudah tidak digunakan. Mungkin hal ini tidak berpengaruh secara signifikan untuk menghemat daya tahan baterai, namun sekecil apapun usaha kita untuk menghemat baterai tentu hal ini akan sangat bermanfaat.

7. Aktifkan Airplane mode.

Baterai juga akan cepat habis bila smartphone kamu selalu mencari sinyal apabila kamu sedang berada di tempat yang “miskin” sinyal. Hal ini dikarenakan smartphone akan selalu mencari sinyal yang terbaik. Namun kamu bisa mengatifkan fitur airplane mode ini, dan secara otomatis semua sinyal baik sinyal radio, gsm dan bluetooth akan dimatikan.

Berikut tips dari kami guys, selamat mencoba dan semoga tips yang kami berikan bermanfaat buat daya tahan baterai smartphone kamu.