ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Bisnis yang Bisa Punah Karena Teknologi dan Internet

IrwanKarta | Hiburan | 15 Mar, 2014

NGONOO.com – Lagi seneng ngomongin internet, berhubung internet baru ultah jadi ya dimanja-manja lah.  Tapi sekarang sih justru daku mau berceloteh soal bisnis-bisnis yang sudah, bisa, mungkin, atau akan punah karena semakin mantapnya teknologi dan internet.

Wartel

Kamu masih inget jaman-jamannya nyisihan recehan bekel sekolah buat telpon si doi nanti malem? Iya, telponnya dari wartel. Bahkan, kalau si doi punya HP dan kamu belum punya, cuman denger suaranya aja beberapa detik udah seneng banget. Maklum, telpon ke HP itu mahal broo..

Sekarang, apa di sekitarmu masih ada wartel yang buka?

Warnet

Ini mungkin ga sampai punah-punah banget sih, cuman semakin kesini bakal semakin berat. Menurut analisa tak berdasar dan tak bersumber dari ane pribadi, bisnis warnet kurang menjanjikan di perkotaan. Soale rata-rata udah punya PC atau lepi sendiri-sendiri.Padahal 5 tahun lalu, bisnis warnet masih sangat menguntungkan. Saiki sakjam we ming rongewu. Kecuali game online yang masih bertahan, dan ga mengalami penurunan yang banyak-banyak banget. Maklum, di kosan internet pake kuota jadi harus ke game online center kalau mau main.

Rental komputer

Sekitar tahun 2007/2008, bisnis rental computer itu juga masih enak enak. Satu jam tanpa koneksi internet masih sekitar Rp 1.500 – Rp 2.000. Apalagi kalau deket kampus. Woohh enak enak banget itu. Ga pernah sepi. Tapi sekarang, tiap mahasiswa dan mahasiswi udah bawa lepi sendiri. Bahkan ga cukup lepi, bahwa smartphone sebiji, tablet sebiji, dan ponsel jadul sebiji. Atau yang masih “setia” juga bakal bawa Blackberry sebiji.

SMS

Waktu belum era nya smartphone kek sekarang ini, SMS masih begitu berharga. Sehari aja di jatahin, buat SMS pacar atau gebetan 5 kali, temen 2 kali, kabarin bapak dan mboke 1 kali. Sekarang 24 jam nonstop bisa gratis meskipun aslinya bayar internet. Emang belum penuh sih para provider ini, tapi kerugian yang diderita gede banget lho pren. Kerguian operator dunia di tahun 2012 sekitar 22 triliun. Trus, di tahun 2013 udah jadi sekitar 382 triliun. Yang paling disalahkan, ya sementara WhatsApp karena dianggap paling merugikan.

Perdukunan

Wah bisnis dukun ini emang paling ga nyambung dari bisnis diatasnya. Tapi ya gitu, coba kalau semua orang udah sibuk dengan teknologi? Dan semakin dipermudah dengan fasilitas teknologi? Kalau dulu kamu pengen tau pacarmu selingkuh apa ga, kamu bisa ke dukun terdekat. Tapi sekarang, cukup install aplikasi di HP pacar kamu, dan kamu bisa tau isi-isi penting di HP pacarmu itu. Enak enak kan?

Jadi, suatu saat bisnis perdukunan ini udah ga profitable. Sebaiknya kamu yang sedang mengambil jurusan perdukunan, segera keluar dan alih jalur aja ya pren.. Heuheuheu.

Tetep Semangat dan Sat Set Bat Bet TM

Gambar komputer tua via ShutterStock.