Tips: Cara Mbatalin Gmail Terkirim yang Seharusnya Belum Dikirim

  • Share

Hae. Pernahkah para bero dan sist sekalian mendapati email terkirim padahal masih belum attachment? Atau masih mau nambahin lagi isi emailnya tapi sudah tidak bisa karena sudah kepencet send? Buat kamu yang pakai Gmail, nih ogut kasih solusinya!

Ilustrasi balas membalas email dari dewi (bukan bunga sebenarnya) dan eko, bos nya dewi.

Dewi: (ketik ketik ketik. ketik ketik ketik.)  “oke sip, send!” (klik send) “yaaah. bebek. attachmentnya lupa!”

Dewi: (ketik ketik ketik) maaf pak, email tadi belum kekirim attachmentnya. ini saya kirim lagi tadi ketinggalan.

Eko: (ketik ketik ketik) terima kasih emailnya dewi. btw attachmentnya mana ini?

Dewi: (ketik ketik ketik) kan sudah saya kirim di email kedua pak, makanya pak, di cek dulu dong sebelum balas email. itu email saya kan dua kali. gimana sih si bapak mah surem. ” Hahaha kalo bos gue emailin gini, marah gak ya? Jangan deh. mending gw tulis yang sopan aja” (pas lagi bercanda gini, terus gak sengaja kepencet send). “lah? mau klik discard kok malah send? mati gue!”

Dewi: (ketik ketik ketik) bapak bos yang baik hatinya selalu, maaf dewi tadi bercanda. email attachment udah dewi emailkan di email sebelumnya pak. tapi supaya mudah ini dewi kirim attachment lagi. sekali lagi maaf pak.

Pernahkah bero dan sist mengalami kejadian seperti yang di atas itu? Semoga tidak pernah ya. Tapi kalaupun pernah, tenang aja, khusus buat sobat yang pakai Gmail, saya bakal kasitau solusinya. Adalah sebuah plugin Gmail yang dikembangkan di Google Labs, yang disebut “undo send”, sebuah fitur yang bisa cancel email yang sudah sobat sekalian kirim. Jadi, kalau bero dan sist ada typo, atau mungkin menyesal udah ngirim email seperti ilustrasi Dewi dan Eko di atas, kalian bisa undo dengan cara mengaktifkan “Undo send” dari Google Lab. 

Untuk meng-enable Lab:

  1. pencet logo  di kanan atas.
  2. pilih Settings.
  3. pencet tab Labs.
  4. Temukan “Undo Send” lab dan pilih Enable radio button.
  5. Klik Save Changes di bagian bawah laman.

Pilih waktu yang diinginkan untuk undo sending email yang teman-teman buat dengan cara klik di ikon , dan temukan pilihan “Undo Send:” di General tab.

Selamat bereksplorasi!

gambar cewek nutup muka via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.