Kebiasaan-Kebiasaan yang Bisa Ngerusak Smartphone Kamu

  • Share

Saat ini ponsel, terutama smartphone sudah menjadi semacam kebutuhan wajib yang hampir dimiliki oleh setiap individu. Mulai anak anak hingga orang tua ga bisa lepas dari perangkat mobile yang satu ini. Untuk sarana komunikasi, hiburan, pendidikan, belanja, dan semua aktivitas sehari hari bisa dilakukan dengan bantuan barang yang satu ini. Namun mungkin bero and sist kurang begitu memperhatikan dan tidak menyadari, bahwa sesungguhnya dengan kebiasaan kita sehari hari terhadap ponsel bisa menyebabkan perangkat tersebut mudah rusak. Apa saja kira kira hal sepele yang bisa menjadi penyebab kerusakan pada ponsel?

Tidak pernah dimatiin tuh ponsel

Hal ini sering terjadi ketika malam hari, atau menjelang tidur. Meskipun mungkin sewaktu waktu ada telpon masuk ketika bero and sist lagi terlelap tidur, alangkah baiknya jika dimatiin aja tuh ponsel, selain hemat baterai, juga yang pasti nggak ganggu bero yang lagi tidur.

Ngebiarin Bluetooh dan Wi-Fi nyala

Bluetooth atau Wi-Fi yang dibiarin nyala dan tidak terpakai, hal ini menjadi salah satu penyebab konsumsi baterai menjadi boros, sehingga bero musti sering sering nge charge tuh ponsel. Bluetooth atawa Wi-Fi yang nyala, maka secara otomatis dia akan nyari sinyal yang ada di sekitarnya. Jadi kalo ga perlu perlu amat, matiin aja deh tu Bluetooth atau Wi-Fi nya.

Terkena suhu ekstrem secara terus menerus

Kondisi ini sering terjadi bagi bero and sist yang sering bekerja di lapangan,misalnya di proyek proyek. Jika ponsel terkena sinar matahari langsung secara terus menerus, maka selain suhu ponsel yang sudah panas karena penggunaan dalam jangka waktu lama, apalagi ditambah dengan paparan sinar matahari langsung, meskipun sepele namun bisa menjadikan komponen ponsel mudah rusak karena terlalu panas.

Ngisi baterai semalam suntuk kayak nonton wayang aja

Mungkin karena tidak betah nungguin proses pengisina baterai yang bisa makan waktu berjam jam, biasanya tuh bero and sist ngisi baterai terus ditinggal tidur. Nah ini selain bisa merusak baterai ponsel itu sendiri karena over heating, masih inget kan beberapa kasus ponsel yang meledak dan menyebabkan kebakaran karena over heating pada saat pengisian baterai.

ngisi baterai ponsel

Nah itulah beberapa kebiasaan ceroboh dan sepele yang saya yakin sering dilakukan ama bero and sist pada ponsel. Meskipun efek dari kebiasaan tersebut tidak langsung terlihat, namun sudah bisa dipastikan akan menurunkan kinerja ponsel tersebut dalam jangka waktu lama. Lebih baik mencegah terlebih dahulu, daripada nyervis kemudian.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.