ASUS Zenfone Max Pro M2

Setelah Di Banned 67 Hari, YouTube Kembali Bisa di Akses di Turki

Afit Husni | Buzz | 04 Jun, 2014

Halo sobat NGONOO yang budiman, masih ingat dengan kasus blokir Vimeo di Indonesia yang sempat menghebohkan beberapa waktu lalu? tenang, jangan pikir hobi blokir-blokir situs hanya terjadi di Indonesia saja, di negara lain juga merasakan hal yang sama. 67 hari lalu, Turki memberlakukan banned kepada layanan video populer milik Google, YouTube.

Namun, keputusan tersebut akhirnya dicabut oleh mahkamah atau pengadilan Turki, konon sih karena keputusan tersebut melanggar hak kebebasan untuk berbicara. Saat ini akses YouTube sedang dilakukan pemulihan, jadi belum sepenuhnya semua rakyat Turki bisa akses situs video populer ini. Tapi pemulihan atau penghapusan larangan blokir YouTube di Turki menandakan berakhirnya larangan bagi pengguna. Kami belum tahu apakah kegembiraan ini dirayakan oleh rakyat Turki dengan melakukan kicauan di twitter, seperti “rakyat bersatu, tak bisa dikalahkan”, “inilah kekuatan rakyat”, atau mungkin kultwit tentang kekuatan sosial media yang mampu menggerakkan persatuan dan kesatuan rakyat.

Selamat deh buat rakyat Turki yang akhirnya bisa kembali mengakses YouTube, kalian jadi bisa lihat bagaimana video Gangnam Style mencetak sejarah YouTube dengan mencapai lebih dari 2 milyar viewer atau bis alihat goyang Harlem Shake ala NGONOO.

Nah, bagaimana reaksi kalian jika suatu saat pak Menkominfo yang budiman itu nge-block YouTube dari Indonesia?

sumber: TheVerge