Gimana To Caranya Nyembunyiin File sama Folder di Android?

shutterstock 124441918 Gimana To Caranya Nyembunyiin File sama Folder di Android?

Beruntunglah kalian mai prends yang punya gadget Android, baik hape maupun tablet. Karena gadget yang berbasis Android tersebut memang enak buat diotak-atik. Nah kali ini kalian akan dikasih tau caranya buat nyembunyiin file atau folder di gadget Android kalian prends.Cara yang akan diajarin ke kalian ini gak pake bantuan aplikasi-aplikasi gitu, jadi bisa langsung kalian praktekin tanpa harus menginstall aplikasi dulu. Fungsi buat nyembunyiin file atau folder ini sama kayak fungsi hidden files and folder yang ada di komputer windows itu loh prends.

Jadi kalian bisa nyembunyiin folder yang isinya foto-foto kenangan sama mantan, biar gak keinget mantan terus mendadak galau akut. Oke kan? Mau tau gimana caranya buat nyembunyiin file dan folder? Monggo disimak prends.

Cara pertama adalah cara buat nyembunyiin folder di gadget Android kalian, pertama-tama kalian harus membuat sebuah folder terlebih dahulu yang akan kalian sembunyiin. Kasih namanya terserah kalian prends, cuma kalian harus memberi tanda titik (.) pada awal nama folder tersebut. Inget ya prends, harus ada tanda titiknya (.) loh.

Dengan cara tersebut maka hanya file manager dan sistem aplikasi tertentu aja yang bisa mengenali adanya folder tersebut. Jadi file-file yang ada di dalam folder yang udah kamu sembunyiin tadi gak akan muncul di gallery, multimedia, email clients, office editor atau yang lainnya.

Hidden Folder
Hidden Folder viaPhone Arena
Hidden Folder
Hidden Folder via Phone Arena

Cara kedua adalah cara buat nyembunyiin media file yang sudah ada di dalam suatu folder. Untuk cara yang kedua ini juga cukup mudah kok prends, kalian cuma harus membuat file baru yang diberu judul “.nomedia” di dalam folder tersebut. Oia ngasih nama filenya gak usah pake tanda kutip ya prends.

Kalo udah, maka dengan cara tersebut semua media file seperti foto dan video akan disembunyiin gitu. Jadi jika ada aplikasi yang ingin mengenali file-file tersebut maka tidak akan terdeteksi gitu prends. Oke kan?

Hidden File
Hidden File via Phone Arena
Hidden File
Hidden File via Phone Arena

Oia ini prends lupa peringatan pentingnya, jangan lupa pastikan untuk meng-enable-kan viewing of hidding files and folders yang ada di dalam file manager gadget Android kalian, oke oke prends. Selamat mencoba yah.

gambar: Folder Rahasia via Shutterstock

Radityo

Radityo

Total posts created: 4689
Ummm Emmmm ya gitu lah pokoknya, kalau penasaran mending kenalan aja ;p

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *