ASUS Zenfone Max Pro M2

Nostalgila Sama Hape-Hape Nokia Yuk Gais

Radityo | Hiburan | 24 Oct, 2014

Masa lalu emang akan menjadi kenangan ya gais, sama seperti kehidupan masa lalu bersama mantan, ga bakalan bisa diulang lagi dan akan menjadi kenangan selamanya, duh perihnya tu disini, di dalam hatiku. Kenangan juga gak selalu sama mantan aja gais, bisa juga sama suatu barang gitu. Apalagi kalo barang tersebut pernah menjadi barang kesayangan yang mempunyai nilai kenangan tersendiri, pasti bakalan membekas deh.Duh kok malah ngomongin soal kenangan dan nostalgila sih, eh tapi gak papa ding gais. Soalnya kan beberapa waktu yang lalu ada salah satu merek hape terkenal yang ganti nama, apalagi kalo bukan Nokia. Ya, Nokia emang udah jadi pioneer di dunia per-hapean internasional gais, mulai dari jaman ane masih sering ngompol kalo pas deketin cewek sampe sekarang ane punya hape nokia terus loh. Hape ini emang “bandel” gais, jadi banyak yang pake hape ini.

Tapi setelah itu kan Nokia diakuisisi sama Microsoft, dan selang beberapa waktu setelah itu Nokia berubah nama jadi Microsoft Lumia. Makanya besok-besok kita gak bakalan nemu hape Nokia keluaran terbaru gais, oleh karena itu yuk kita nostalgila sama hape-hape Nokia yang udah mengalami berbagai macam evolusi.

1. Nokia Mobira Senator

Mesti kalian ada yang ngira kalo ini adalah radio, bukan gais ini bukan radio kok. Ini adalah telpon buatan Nokia yang dirilis pada tahun 1982. Dan telpon ini merupakan telpon mobil pertama, kalo diliat dari bentuknya yang tebal dan besar telpon ini tentunya berat ya gais. Menurut informasi nih telpon ini mempunyai berat 22 ponds, gak tau deh kalo dikonversi dalam kilogram beratnya berapa.

2. Mobira Cityman

Mobira Cityman

Mobira Cityman via Mashable

Kalo yang ini bentuknya seperti botol minuman anak kecil ya gais? Tapi ini bukan botol minuman dan gak bisa diisi air loh, ini adalah hape Nokia pertama yang bisa dibawa kemana-mana. Kan ada talinya buat dicangklongin di tangan tuh gais. Berhubung hape ini bisa dibawa kemana-mana, beratnya juga gak seberat hape Mobira Senator yang 22 ponds itu, kalo yang ini beratnya cuma 1,7 ponds gais. Dulu harganya sekitar $ 5,456.

3. Nokia 1011

Nokia 1011

Nokia 1011 via Mashable

Nokia 1011 ini merupakan hape digital Nokia pertama yang udah pake jaringan GSM loh gais. Dirilis di pasaran pada tahun 1992. Hape ini punya waktu bicara 9o menit, dan belum mengadopsi layar warna, belum ada blututhnya, belum ada kameranya juga, ya iyalah taun segitu mana ada hape yang udah punya fitur canggih ya gais.

4. Nokia 2110

Nokia 2110

Nokia 2110 via Mashable

Nokia 2110 merupakan hape Nokia pertama yang ada ringtone khusus Nokia. Pasti udah pada tau kan bunyi ringtone Nokia kayak gimana. Selain itu hape ini juga hape Nokia pertama yang diisi sama game populer Nokia, apalagi kalo bukan Snake. Dirilis sama Nokia pertama kali pada tahun 1994, dan saat itu hape ini udah termasuk hape yang punya software paling oke.

5. Nokia 9000 Communicator

Hape Nokia pertama kali yang canggih nih gais. Nokia 9000 Communicator dirilis pada tahun 1996, dan hape ini udah  punya fitur yang canggih pada masa itu, seperti e-mail, web browsing, fax, word, dan spreadsheet. Pada saat itu kalo ada yang pake hape ini pasti udah “wah” banget ya, bisa dibilang ini juga cikal bakal hape pinter jaman sekarang seperti Blackberry dan  hape pinter lainnya.

6. Nokia 3210

Nokia 3210

Nokia 3210 via Mashable

Nah ini nih hape yang dulu menjadi primadona pada tahun 90’an akhir gais. Hape ini tepatnya dirilis pada tahun 1999 dan saat itu dirilis dalam 6 varian warna yang berbeda. Selain itu, ini adalah hape Nokia pertama yang udah bisa ngirim pesan gambar loh gais, walopun gambarnya belum berwarna dan masih sangat sederhana tapi tetep aja hal itu merupakan suatu evolusi dalam dunia berkirim pesan singkat. Yang lebih oke dari hape ini adalah kemampuannya dalam hal jangka waktu bicaranya, karena bisa sampe 4,5 jam. Bayangin aja nelpon sampe 4,5 jam gitu gais. Buat perbandingan aja nih, kalo iPhone 6 waktu bicaranya 12 jam, itu aja hape keluaran taun 2014. Berarti jaman taun 1999 dulu hape Nokia 3210 ini udah termasuk oke.

7.Nokia 6650

Nokia 6650

Nokia 6650 via Mashable

Ternyata koneksi 3G udah ada sejak tahun 2002 loh gais. Gak percaya? Ini nih buktinya, hape Nokia seri 6650 ini merupakan hape pertama Nokia yang udah dilengkapi dengan konektifitas 3G. Saat itu harga yang dibandrol untuk hape ini yaitu $136, da terjual lebih dari 200 juta unit.

8. Nokia N-Gage

Nokia N-Gage

Nokia N-Gage via Mashable

Menurut ane ini nih jawara hape Nokia yang paling kece, bentuknya yang unik serta kemampuannya yang dikhususkan buat maen game menjadikan hape ini laris manis dikalangan anak muda tahun 2003. Dulu aja pas masih eSeMA, sekelas ane banyak banget yang punya hape Nokia N-Gage ini gais, fungsinya cuma satu, buat ngegame dikala guru menerangkan pelajaran. Selain itu hape ini juga dikeluarkan dalam dua versi loh, versi yang lebih baru adalah N-Gage QD dengan bentuk yang lebih kecil serta display yang lebih cerah.

9. Nokia 5800 XPress Music

Nokia 5800

Nokia 5800 via Mashable

Ini nih hape Nokia pertama yang mengadaptasi teknologi layar sentuh. Dirilis sama Nokia pada tahun 2008. Hape ini dikhususkan untuk memberikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih oke dari hape-hape biasanya, bisa dilihat dari namanya gais, Xpress Music. Tapi sayang pada saat itu hape ini kalah pamor dengan iPhone dan juga hape Android.

10. Nokia Lumia 800

Nokia Lumia 800

Nokia Lumia 800 via Mashable

Nokia merilis hape dengan OS Windows untuk yang pertama kali ya seri ini gas, Nokia Lumia 800. Hape ini sendiri dirilis pada tahun 2011, dan tujuannya sih cuma satu kalo menurut ane, apalagi kalo bukan mengalahkan penjualan iPhone dan hape Android. Soalnya kan belum ada hape yang pake OS Windows gais, dan hape ini juga merupakan hape pertama dimana Nokia menggandeng Microsoft untuk melakukan kerjasama.

11. Nokia Lumia 920

Nokia Lumia 920

Nokia Lumia 920 via Mashable

Nokia Lumia 920 merupakan seri Nokia Lumia yang udah canggih karena mendapat peningkatan baik kualitas dan fitur disana-sini. Menurut Mashable nih gais, salah satu reporternya yang bernama mbak Christina Warren menguji hape ini selama 10 hari. Oia mbak Warren ini merupakan salah satu fans besar iPhone loh, dan setelah 10 hari doi pake hape ini doi berpendapat kalo hape ini lebih baik dari iPhone. Tapi ya itu menurut mbak Warren loh gais.

Wah kalo inget-inget hape Nokia diatas dan inget betapa jayanya dulu gak nyangka ya kalo Nokia sekarang harus mengalami kegagalan dan terpaksa diboyong sama Microsoft. Tapi ya itulah dunia usaha gais, gak selamanya di atas, ada kalanya di bawah dan tenggelam.

Gambar: Shutterstock.com">Papan Nama Nokia via Shutterstock