ASUS Zenfone Max Pro M2

Selain Bikin Gadget, Samsung Ternyata Juga Bikin Sepeda Loh

Radityo | Teknologi | 03 Oct, 2014

Jaman bahelua dulu alat transportasi yang menjadi primadona adalah sepeda. Jauh sebelum ditemukan kendaraan bermesin, orang-orang menggunakan sepeda untuk bepergian. Bahkan sampai sekarangpun sepeda masih menjadi primadona buat sebagian orang. Mereka lebih suka bepergian naik sepeda daripada menggunakan jenis kendaraan yang lainnya, itu juga kalo jarak tempuhnya gak jauh-jauh banget. Dan sama seperti benda-benda lainnya, sepeda juga mengalami evolusi atau perubahan-perubahan.

Berhubung jaman sekarang juga udah serba berteknologi, sepeda juga ternyata diberi sentuhan sama teknologi. Istilah kerennya sih sepeda pintar, karena emang sepeda yang satu ini gak seperti sepeda yang umum kita jumpai. Dan yang memberi sentuhan ke sepeda ini juga bukan perusahaan baru, melainkan perusahaan lama yang udah malang melintang di dunia perteknologian, apalagi kalo bukan Samsung.

Samsung emang pintar bikin suatu inovasi baru, entah itu inovasi dalam hal gadget, jam tangan, tipi, dan benda-benda elektronik lainnya. Tapi kok Samsung bisa bikin sepeda ya gais? Ternyata sepeda pintar dari Samsung ini di desain bukan oleh pihak Samsung sendiri, melainkan mereka bekerjasama dengan seorang desainer sepeda yang udah terkenal. Desainer yang diajak kerjasama oleh Samsung tersebut adalah Giovanni Pelizzoli, dan kalo diliat dari namanya, kemungkinan besar om Pelizzoli ini adalah orang Italia sono.

Hasil dari kerjasama antara Samsung dengan om Pelizzoli menghasilkan sebuah sepeda yang cukup revolusioner. Bisa dibilang ini adalah prestasi tersendiri buat dunia sepeda, karena alat transportasi yang simpel ini diberi sentuhan teknologi, kalo alat transportasi yang lain seperti motor dan mobil sih udah biasa kalo diberi sentuhan teknologi.

Sepeda pintar dari Samsung ini dibuat dengan material aluminium untuk bagian framenya, dan bentuk framenya juga gak konvensional seperti sepedanya kebanyakan, melainkan berbentuk melengkung. Frame tersebut dibentuk melengkung karena untuk mengurangi getaran ketika sedang digunakan di jalan yang kurang bersahabat. Tapi teknologi apa sih yang ditanamkan di sepeda buatan Samsung ini? Nih tonton aja pideonya gais

Jadi pada bagian belakang sadel sepeda ini ditanamkan sebuah kamera, fungsinya tentu aja buat memantau kondisi lalu lintas belakang sepeda. Ya bisa dikatakan seperti spion, namun lebih futuristik lagi karena menggunakan kamera. Selain itu, sepeda ini juga bisa diintegrasikan dengan smartphone loh, jadi bisa digunakan buat memantau kondisi jalan serta memantau kondisi lalu lintas, dan juga bisa dipakai sebagai GPS biar para penggunanya gak nyasar kemana-mana. Selain itu bisa juga diketahui seberapa cepat sepeda ini melaju, soalnya ada spidometernya juga.

Entah kapan sepeda ini akan beredar dipasaran, pasti para penggila sepeda dan kolektor sepeda gak bakal eman-eman ngeluarin duit buat membeli sepeda pintar dari Samsung ini. Ato mungkin salah satu dari kalian yang udah turah-turah duit mau beli sepeda pintar ini gais?

gambar: Sepeda Pintar Samsung via Techno Buffalo