Begini Cara Mudah Mengedit Foto Berwarna Menjadi Hitam Putih di Mac OS X

  • Share
Foto Hitam Putih Keren
Foto Hitam Putih Keren

Halo sobat NGONOO yang selalu kece setiap saat, masih buka NGONOO biar gak kudet kan? Gini nih gais, ada tips oke yang mungkin bisa berguna buat kalian. Khususnya lagi kalian yang punya Mac dan suka mengedit foto berwarna jadi foto hitam putih.

Foto hitam putih terkadang lebih oke dari foto berwarna loh gais, karena dengan foto hitam putih, nanti foto tersebut kesannya bisa lebih “mendramatisir” gitu. Foto hitam putih sendiri tidak hanya identik dengan foto close-up wajah, bisa juga foto landscape bangunan atau gedung, atau bahkan foto pemandangan dan foto-foto lainnya.

Ada banyak cara untuk mengolah foto berwarna agar bisa jadi foto hitam putih, salah satunya ya pakai bantuan software editing foto, misal adobe photoshop, corel draw, dan sebagainya. Nah tapi kalau kalian punya Mac, ternyata ada cara yang oke nih biar kalian bisa ngedit foto berwarna jadi foto hitam putih. Caranya juga gampang banget kok gais, segampang kalian nyari tambatan hati.

Cowok Lagi Ngedit Foto Pakai Mac
Cowok Lagi Ngedit Foto Pakai Mac

Begini nih caranya, silahkan simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini ya.

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat 2 folder di desktop. Folder yang satu dikasih nama Convert to B&W dan folder yang kedua dikasih nama Converted.

2. Jalankan Automator. Lalu di template chooser pilih aja Folder Action dan klik Choose.

3. Di workflow area yang muncul, drag aja folder Convert to B&W ke pop-up menu yang muncul di bagian atas window. Yang menu ada tulisannya Folder Actions Receives Files and Folder Added To.

4. Kalau udah, sekarang buka Files and Folder Library lalu drag Get Folder Contents ke dalam workflow area.

5. Sekarang pilih Photo Library dan drag ke dalam Apply Quartz Composition Filters to Image Files. Kalian akan diminta menambahkan sebuah folder untuk menyimpan copy gambar yang sudah di converted. Pilih untuk menambahkan folder, lalu action akan disertakan di antara dua folder yang udah kalian buat. Setelah itu drag aja folder Converted ke dalam action tadi gais.

6. Di dalam Apply Quartz action, pilih Black and White dari pop-up menu.

7. Sekarang, simpan workflow kalian dan jangan lupa beri nama. Kalau udah sekarang waktunya nyoba ngerubah foto berwarna jadi hitam putih.

8. Kalian tinggal memilih foto mana yang ingin kalian ubah, setelah terpilih tinggal drag aja foto tersebut ke dalam folder Convert to B&W. Nanti foto yang udah jadi hitam putih akan tercopy dan tersimpan di folder Converted.

Udah gais gitu aja caranya, berhubung ane belum punya Mac maka ane belum nyoba langkah di atas. Tapi monggo kalau kalian yang punya Mac dan pengen nyoba bisa mempraktikkannya kok, semoga berhasil ya gais.

Gambar: Foto Hitam Putih Keren via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.