Tips Berbelanja Online Dengan Aman

  • Share
tips berbelanja online

Banyaknya online shop bermunculan, membuat para pembeli harus pintar memilih untuk berbelanja online. Bukan sedikit terjadi kasus penipuan terhadap pelanggan online shop. Namun ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk meminimalkan terjadinya penipuan dalam berbelanja Online.

Berikut adalah beberapa hal wajib dan merupakan pengalaman penulis dalam memilih toko online terpercaya, yaitu :

  • Tampilan website online shop tidak asal-asalan

    Jika ingin membuka sebuah usaha maka tidak ada kata istilah main-main. Jika seorang penjual serius untuk menjual secara online, maka si penjual harus menjaga tampilan Online Shop nya dengan baik. Kita bisa melihat keseriusan sang penjual melalui tampilan sebuah website. Jadi kalau tampilan Online Shopnya asal-asalan saya tidak merekomendasikan untuk berbelanja di tempat tersebut.

  • Utamakan alamat domain Komersil ( .com , co.id )

    Jika ingin berbelanja online pertama kalian harus liat alamat domain dari Online Shop tersebut. Saya sendiri tidak merekomendasikan jika anda berbelanja di salah satu Online Shop dengan namadomain.blogspot.com . Jika anda masih tetap ragu pilihlah domain dengan akhiran .co.id . Dengan nama domain tersebut maka anda sebagai pembeli telah di lindungi dasar hukum. Domain .co.id merupakan domain dengan nama perusahaan, dimana untuk mendapatkan domain tersebut kalian harus mempunyai surat ijin atas perusahaan kalian seperti SIUP.

  • Check Nomor Handphone / Identitas / Nomor Rekening Penjual

    Tidak sedikit para penipu terlihat serius dalam melaksanakan penipuannya. Beberapa penipu biasanya membuat website lebih dari 1 , dengan menggunakan nama domain komersil seperti .com . Identitas si penjual biasanya terlampir pada halaman website tersebut baik nomor handphone, nomor rekening, nama penjual serta pin BB. Kalian bisa memanfaatkan identitas si penjual kemudian kalian bisa menggunakan fasilitas Google Search Engine untuk mengecek satu persatu identitas penjual tersebut.

  • Hati-Hati terhadap transaksi COD ( Kasus Baru )

    Jika kalian berbelanja online dan memanfaatkan transaksi COD. Pilihlah tempat yang ramai untuk bertransaksi, jika sang penjual memilih tempat yang sepi untuk bertransaksi lebih baik batalkan. Karena beberapa kasus COD di tempat sepi si pembeli malah terhipnotis.

Semoga tips dari pengalaman pribadi saya berguna bagi para pembaca 😀

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.