Prototype Google Self Driving Car Akhirnya Sudah Jadi

Radityo | Otomotif | 24 Dec, 2014

Satu lagi kemajuan dalam dunia otomotif roda empat. Selama ini kita  mengetahui kalau mobil haruslah dikendarai oleh pengemudinya gais. Atau memang sudah ada beberapa mobil baru yang bisa parkir sendiri. Tapi mobil yang satu ini bisa nyopir sendiri tanpa bantuan manusia.

Kalian juga udah tau kan kalau bebebapa waktu yang lalu Google dikabarkan sedang membuat mobil yang bisa nyopir sendiri. Ya, Google yang notabene gak pernah bikin mobil, sekarang jadi mempunyai ambisi untuk membuat mobil. Dan namanya juga perusahaan teknologi, mobil yang dibuat tentu aja mempunyai teknologi tinggi, seperti bisa nyopir sendiri gitu gais.

Akhirnya dengan berjalannya waktu, saat ini proyek ambisius dari Google sudah terwujud loh gais. Prototype mobil buatan Google yang bisa nyopir sendiri itu udah selesai dibuat. Gak cuma itu gais, mobil ini juga udah siap meluncur untuk melakukan uji coba.

Google Self Driving Car

Google Self Driving Car

Tentunya pengujian awal mobil ini dilakukan di sirkuit, atau dalam hal ini adalah di sirkuit miliknya Google sendiri. Baru nanti kalau udah oke, mobil tersebut siap melakukan tes di jalan raya yang sesungguhnya. Menurut jadwal sih pengetesan di jalan raya dilakukan tahun depan gais, setelah pergantian tahun gitu. Kota yang ditunjuk untuk dijadikan uji coba mobil canggih bikinan Google ini adalah California, negara Paman Sam sana gais.

Gak kebayang ya gimana canggihnya mobil buatan Google ini, bisa muter-muter di jalan raya tanpa ada pengemudi yang mengendalikannya. Semua peran manusia udah digantikan oleh suatu sistem dan teknologi canggih yang ditanamkan Google di mobil ini. Yang ngeri sih tetep aja penumpangnya gais, seandainya aja sistem eror kan bisa bahaya.

Tapi tentunya Google sudah melakukan pengetesan dengan seksama dan dalam tempo yang tidak singkat, mengingat mobil ini kedepannya akan diproduksi secara masal, tentu Google tidak ingin para pengguna mobil ini mengalami hal yang tidak diinginkan. Gak kebayang kan berapa banyak kamera dan sensor yang digunakan untuk mobil ini, karena memang kamera dan sensor itulah yang menjadi “mata” dari mobil ini gais. Semua itu dijalankan oleh sistem yang rumit.

Bentuk akhir dari mobil tersebut juga hampir sama dengan bentuk yang dulu diperkenalkan sama Google, hanya beda dalam segi tampilan warnanya aja.

Perbandingan Google Self Driving Car Versi Lama Dengan Versi Yang Sudah Jadi

Perbandingan Google Self Driving Car Versi Lama Dengan Versi Yang Sudah Jadi

Mobil pintar dari Google ini bentuknya kecil dan hanya bisa muat untuk 2 orang penumpang aja. Mengingat ini mobil yang bisa nyopir sendiri, seharusnya kecepatannya dibatasi biar gak melaju terlalu kencang. Dengan begitu penumpang yang ada di dalamnya juga merasa aman.

Menarik kan untuk melihat bagaimana tes yang dilakukan oleh Google terhadap mobil buatannya tersebut? Kalau udah ada perkembangan beritanya akan kami informasikan lagi kepada kalian kok gais.

Gambar: Shutterstock.com">Kantor Google via Shutterstock