Harga Premium Per 1 Januari 2015 Turun

  • Share
Mas-Mas Lagi Ngisi Premium ke Mobilnya

Kabar gembira di penghujung tahun 2014 ini gais, yaitu harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium yang mengalami penurunan. Setelah beberapa waktu yang lalu pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak jenis premium, maka kali ini harga premium dipastikan akan turun.

Tentunya berita tersebut sangat menggembirakan dan disambut positif buat sebagian masyarakat Indonesia, dan bahkan semua rakyat Indonesia akan sangat senang dengan keputusan pemerintah untuk menurunkan harga premium. Terlebih lagi buat mereka yang selalu beraktifitas dengan menggunakan kendaraan bermotor, kan bisa ngirit uang buat jajan premium.

Harga minyak dunia sendiri juga cenderung terus mengalami penurunan. Hal tersebut yang menyebabkan polemik dan perdebatan di masyarakat pada beberapa waktu yang lalu saat pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga premium.

Harga premium yang semula adalah Rp. 8.500,- per liter turun menjadi Rp. 7.600,- per liter. Penurunan ini cukup lumayan juga ya gais, apalagi buat para mahasiswa yang berkantong cekak alias duitnya pas-pasan. Penurunan harga premium ini memang belum diumumkan secara resmi pada hari ini, melainkan baru akan diumumkan secara resmi oleh pemerintah pada besok tanggal 1 Januari 2015.

Petugas SPBU Cantik Lagi Ngisi Bensin
Petugas SPBU Cantik Lagi Ngisi Bensin

Pemerintah telah memutuskan untuk mencabut subsidi premium, hal tersebut dijelaskan oleh Menteri Koordinator Perekonomian yaitu Bapak Sofyan Djalil. Pemerintah menilai sektor perekonomian lebih banyak menggunakan solar daripada premium, oleh karena itu pemerintah masih akan memberikan subsidi kepada bahan bakar jenis solar. Harga solar sendiri untuk saat ini menjadi Rp. 7.250,- per liter gais.

Pemerintah juga akan mengajukan anggaran untuk mensubsidi solar yaitu sebesar 17 triliun dalam APBN-P tahun 2015. Anggaran tersebut juga akan diajukan pada minggu pertama bulan Januari 2015 mendatang.

Besok pada tanggal 1 Januari 2015 bukan presiden Joko Widodo yang akan memberikan keterangan resmi tentang penurunan harga premium tersebut, melainkan Menteri ESDM, yaitu bapak Sudirman Said. Namun masih belum ada informasi tempat dan pada pukul berapa pemerintah melalui Menteri ESDM akan mengumumkan hal tersebut.

Kita tunggu aja gais besok di berita, semoga aja dengan penurunan harga premium ini akan berdampak juga pada penurunan harga barang yang lainnya. Masa tiap harga premium naik harga barang juga ikutan naik, seharusnya kalau harga premium turun harga barang juga turun dong ya gais?

Gambar: Mas-Mas Lagi Isi Bensin ke Mobilnya via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.