Xiaomi Mistla, Mobil Murah Buatan Xiaomi

Radityo | Otomotif | 14 Dec, 2014

Pastinya kalian udah tau sama merek Xiaomi kan gais? Merek hape yang satu ini emang lagi menjadi buah bibir alias menjadi bahan pembicaraan karena produknya yang selalu laris manis habis terjual dalam beberapa detik saja. Tapi Xiaomi nampaknya sudah mulai akan melebarkan sayap bisnisnya gais.

Bisnis baru Xiaomi tersebut gak ada hubungannya sama sekali dengan gadget, tapi malah berhubungan sama mobil. Walah melenceng jauh banget dengan bisnis awalnya ya, tapi ya itu sah-sah aja kok gais, namanya juga pelebaran sayap bisnis.

Di China sendiri masyarakatnya udah bangga banget menggunakan mobil-mobil buatan negara mereka sendiri gais. Selain itu harga mobil buatan China juga termasuk murah, karena dapet subsidi dari pemerintah sana gais. Mungkin melihat pasar mobil masih menjanjikan, Xiaomi dan Tesla (perusahaan otomotif asal China) akan mengadakan kerjasama untuk membuat mobil murah.

Dalam kurun waktu 12 bulan ini rumor tentang Xiaomi yang akan memproduksi mobil juga makin merebak gais. Bahkan dikabarkan kalau akhir-akhir ini bos Tesla beberapa kali mengadakan meeting/rapat tertutup dengan pihak Xiaomi. Oleh karena hal itulah beberapa pihak meyakini kalau Xiaomi memang benar-benar akan memproduksi mobil murah.

Rumor tersebut diperjelas lagi dengan pemberitaan dari salah satu media China yang mengabarkan jika Xiaomi memang benar akan memproduksi mobil murah, karena pihak Xiaomi sudah mengadakan kerjasama dengan produsen otomotif lokal untuk memproduksi mobil murah di kelas AO. Kelas ini merupakan kelas untuk mobil kecil dengan kapasitas penumpang hanya 4 orang gais.

Selain itu, mobil murah buatan Xiaomi juga diberi kode “Mistla”. Bentuknya kemungkinan besar akan sangat kecil, mengingat kapasitas penumpangnya juga cuma 4 orang gais. Ini nih bocoran bentuk mobil yang dibikin sama Xiaomi.

Mobil Xiaomi Mistla

Mobil Xiaomi Mistla

Sekilas terlihat keren ya gais bentuknya, kecil dan terlihat futuristik gitu. Tapi ya itu masih bersifat bocoran aja loh ya, masih belum pasti juga bentuk jadinya bakalan seperti gimana. Yang keren juga nih, mobil bikinan Xiaomi tersebut juga dikabarkan akan dilengkapi dengan sistem entertainment berbasis Android yang sudah “dimodifikasi” dengan sistem MIUI.

Mungkin sistem tersebut sama seperti sistem Apple CarPlay gitu gais. Mengingat ini merupakan mobil murah, kira-kira harganya berapa ya? Menurut kabar mobil Xiaomi akan dijual dengan harga 39.999 yuan. Kalau dalam dolar Amrik ya sekitar $6.400 atau dalam rupiah ya sekitar 77 jutaan gais. Tapi belum ada kepastian kapan mobil Xiaomi ini akan segera diproduksi dan dipasarkan.

Gambar: Mobil Kecil via Shutterstock