Mahasiswa UII Yogyakarta Buat Mobil Listrik Berotak Android

Charger Mobil Listrik
Charger Mobil Listrik

NGONOO.com – Nama Tesla Motors mungkin akan selalu terbayang saat kita mendengar mobil listrik. Seperti halnya nama mantan yang terbayang saat disebutkan “Yogyakarta” berhati mantan. Para produsen beken lainnya, juga belakangan mulai melirik celah mobil listrik setidaknya untuk menyaingi dominasi Tesla di segmen tersebut.

Selain tren mobil listrik, demi mengikuti perkembangan teknologi mobil-mobil terkini pun sudah dilengkapi dengan berbagai kemampuan sinkronisasi dengan perangkat canggih berbasis smartphone. Selain untuk tujuan entertainment, fitur-fitur teknologi terkini yang diadaptasi dalam sebuah fitur mobil, juga bertujuan untuk membantu para pengendara mengetahui banyak hal yang berhubungan dengan kelancaran perjalanan dengan mudah. Misalnya, navigasi, perkiraan cuaca, traffik, dan lain-lain.

Sounds good?

Mobil Listrik Kaliurang UNISI
Mobil Listrik Kaliurang UNISI

Sumber gambar : Universitas Islam Indonesia

Yes, mungkin itulah yang ada di benak para mahasiswa kreatif asal Yogyakarta, tepatnya dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Dilansir dari Liputan6, para mahasiswa kreatif tersebut berhasil membuat sebuah produk kreatif yang unik, perpaduan antara kendaraan listrik dan sistem infotainment digital.

Mereka berhasil menciptakan sebuah mobil listrik yang dinamai “Kaliurang UNISI”. Mobil tersebut sudah dikembangkan sejak bulan September 2013 lalu, dan yang menjadi titik keunikannya adalah sebuah tablet Android yang menjadi otak untuk beragam fungsi mobil Kaliurang tersebut. Tablet Android itu disematkan pada kemudi mobil dan diantaranya, berfungsi untuk mengukur kecepatan, rem, navigasi GPS, baterai serta fitur entertain kendaraan.

Mobil Listrik Kaliurang UNISI UII
Mobil Listrik Kaliurang UNISI UII

Sumber gambar : Citizen6 Liputan6

Semua fitur tersebut bisa diakses melalui sebuah tablet Android yang telah dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi khusus buatan tim yang menamakan diri Ulil Albab UII tersebut.

Misalnya bero, speedometer, accelerometer, battery indicator, RPM meter, stopwatch, odometer, hiburan, dan fungsi lainnya ada dalam 1 alat Tablet Android selain itu juga seperti wifi, bluetooth, sistem global untuk komunikasi mobile, internet browser, tv analog, map, video/voice call, mp3 player, radio dan juga games.

Mobil kaliurang UNISI tersebut memiliki panjang 1,9 meter lebar 1,4 meter dengan rangka utama selebar 0,52 meter dan tingi 1,2 meter. Komponen penggeraknya, berasal dari baterai tipe GS-NS60 12 volt dan arus 45 Ah.

Tim Ulil Albab UII yang menciptakan mobil Kaliurang UNISI ini juga telah mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia Ke – VI di Bandung di bulan September 2014. Dan kedepan, mereka merencanakan untuk mengikuti ajang internasional yaitu Formula Students Automotive Engineer Japan( FSAE Japan). Seperti yang dituliskan penulis asli Karmin Winarta melalui kanal Citizen6 Liputan6, Tim Ulil Albab sedang membuka peluang bagi Investor, penyandang dana dan Sponsor untuk turut berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan program ini.

Gambar : Ilustrasi Mobil Listrik Sedang Dicas Via ShutterStock

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.