Eye Tracking, Paten Terbaru Dari Apple Untuk Mac dan iOS

  • Share
Logo Perusahaan Apple
Logo Perusahaan Apple

NGONOO.com – Dunia teknologi memang selelalu menarik untuk diikuti, dengan begitu kita bisa mengetahui hal baru apa aja yang sedang atau yang akan diciptakan oleh perusahaan-perusahaan teknologi. Seperti sesuatu yang sedang dikembangkan oleh salah satu raksasa perusahaan teknologi, yaitu Apple.

Perusahaan teknologi seperti Apple memang harus dituntut untuk selalu melakukan inovasi teknologi. Dengan adanya inovasi teknologi tersebut maka perusahaan akan bisa lebih unggul dari perusahaan kompetitornya.

Nah, dikabarkan bahwa Apple telah mendaftarkan paten baru ke badan paten Amerika yaitu US Patent and Trademark Office. Apple memang termasuk rajin mendaftarkan paten-patennya, soalnya biar teknologinya gak dicuri sama kompetitor-kompetitornya. Eh ngomong-ngomong paten baru dari Apple kali ini termasuk keren juga loh gais.

Kenapa bisa dibilang keren? Karena paten baru yang telah didaftarkan tersebut memungkinkan pengguna Mac, iPhone, dan iPad untuk mengoperasikan user interface masing-masing gadget tersebut melalui teknologi eye tracking. Teknologi eye tracking tu apa sih?

Paten Apple
Paten Apple

Teknologi eye tracking tuh nantinya pengguna bisa mengontrol user interface hanya dengan pergerakan bola mata. Keren juga kan teknologi yang sedang dikembangkan oleh Apple tersebut? Mungkin aja dengan pengembangan teknologi eye tracking ini nantinya pengguna bisa mengoperasikan gadget Apple hanya dengan gerakan mata, jadi udah gak perlu dioperasikan pakai tangan lagi.

Dalam paten yang didaftarkan oleh Apple tersebut dijelaskan bahwa Mac, iPhone dan iPad pada masa yang akan datang akan dibekali dengan teknologi kamera yang baru. Dimana dengan teknologi kamera baru tersebut, nanti kamera akan bisa mengenali pergerakan bola mata pengguna dan mengubahnya menjadi pergerakan kursor pada layar. Dengan begitu pengguna bisa mengoperasikan gadget Apple menggunakan pergerakan bola mata mereka.

Namun sayangnya paten yang didaftarkan Apple tersebut tidak menjelaskan lagi secara lebih rinci bagaimana praktik penggunaan teknologi eye tracking. Semoga aja nih teknologi eye tracking tersebut bisa menjadi kenyataan dalam jangka waktu yang tidak lama lagi. Kita bantu doa aja buat Apple biar mereka bisa lekas merampungkan teknologi ini dan mengaplikasikannya ke Mac, iPhone, dan juga iPad generasi berikutnya.

Gambar: Logo Perusahaan Apple via Shutterstock

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.