Arsip  

Samsung Z1, Handphone Pertama Samsung Dengan OS Tizen

Toko Samsung

Pada tahun 2015 ini Samsung sedang mempersiapkan perangkat elektroniknya yang dibekali dengan OS (operating system) Tizen. Perangkat elektronik Samsung yang akan dibekali dengan OS Tizen tersebut diantaranya kamera, kulkas, TV, smartwatch, dan juga handphone.Dan akhirnya Samsung memperkenalkan handphone terbaru serta pertamanya yang menggunakan OS Tizen, yaitu Z1. Lantas kenapa ya kok Samsung menggunakan OS Tizen? Ternyata OS Tizen merupakan OS yang ‘ringan’. Dalam artian, OS ini akan bisa lebih cepat dan responsif darpada OS yang lainnya.

Samsung Z1
Samsung Z1

OS Tizen hanya membutuhkan sedikit kinerja prosesor dan memory jika dibandingkan dengan OS yang lainnya. Dengan begitu, pengguna Samsung Z1 akan merasakan handphone yang cepat dan responsif. Selain itu saat digunakan untuk menjelajah dunia maya juga akan lebih cepat, dan tentu aja akan mempunyai daya tahan baterai yang lama.

Untuk peluncuran pertama, Samsung memilih merilis Samsung Z1 di India terlebih dahulu. Nah sebelum Samsung Z1 masuk ke tanah air, yuk kita simak dulu apa aja spesifikasi yang ada pada handphone ini gais.

Spesifikasi Samsung Z1
Spesifikasi Samsung Z1

Dikatakan bahwa user interface Samsung Z1 terkesan simpel dan mudah untuk digunakan. Diharapkan pengguna Samsung Z1 tidak akan menemukan kendala saat mengoperasikan handphone dengan OS Tizen ini. Prosesornya sendiri menggunakan dual-core 1.2GHz dengan kapasitas RAM sebesar 768 MB. Namun jangan khawatir dengan kapasitas RAM yang kecil tersebut gais, mengingat ini OS Tizen maka RAM yang kecil tidak akan menjadi masalah.

Kapasitas penyimpanan internalnya juga tergolong kecil gais, yaitu 4GB dengan opsi tambahan microSD sebesar 64GB. Samsung Z1 juga udah mengadopsi dual sim-card. Untuk kapasitas baterainya sendiri hanya 1.500 mAh, dan diklaim mampu bertahan hingga 7 jam non-stop untuk menonton video dan waktu bicara mencapai 8 jam.

Layar Samsung Z1 mempunyai ukuran 4 inch WVGA PLS. Teknologi layar tersebut merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Samsung gais, dan ditujukan bagi pengguna agar mereka bisa menikmati bermain game, nonton video, dan menikmati konten media yang lainnya dengan resolusi sejernih cristal. Kamera depannya memang masih VGA gais, namun kamera belakangnya udah 3.1 MP.

Menarik juga untuk melihat bagaimana performa Samsung Z1 dengan OS Tizen ini. Kabarnya sih handphone ini juga bakalan dijual dengan harga murah, yaitu sekitar 1 jutaan. Tunggu aja sampai besok handphone ini masuk tanah air gais.

Gambar: Toko Samsung via Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.